Kamis, 25 Syawwal 1435 / 21 Agustus 2014
find us on : 
  Login |  Register

Harga Kedelai Mahal, Produksi Kecap Cirebon Turun

Senin, 02 September 2013, 14:18 WIB
Komentar : 1
Antara/Arif Firmansyah
Seorang pekerja menimbang kedelai di gudang penyimpanan. (ilustrasi)
Seorang pekerja menimbang kedelai di gudang penyimpanan. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, CIREBON -- Tingginya harga kedelai di pasaran sejak beberapa pekan terakhir telah berimbas pada produksi kecap di Kabupaten Cirebon. Para pengusaha kecap terpaksa mengurangi produksi kecap agar usahanya tetap berjalan.
 
Berdasarkan pantauan di sejumlah pasar tradisional, harga kacang kedelai saat ini sudah mencapai Rp 9.100 per kg. Padahal, sebelumnya harga kacang kedelai hanya berkisar Rp 7.500 per kg.
 
‘’Tingginya harga kedelai jelas sangat memberatkan para pengusaha kecap,’’ ujar seorang pengusaha kecap, Sobari, kepada Republika Online, Senin (2/9).
 
Sobari mengaku terpaksa menurunkan produksi kecapnya hingga 30 persen. Hal itu dimaksudkan agar usahanya tetap berjalan. Pasalnya, mahalnya harga kedelai secara otomatis membuat modal yang harus dikeluarkannya untuk bahan baku kecap juga lebih besar.
 
Dalam kondisi normal, Sobari biasa memproduksi kecap sebanyak 1.000 botol per hari. Namun, saat ini kecap yang mampu diproduksinya hanya 700 botol per hari.
 

Reporter : Lilis Handayani
Redaktur : Didi Purwadi
Celaka bagi orang yang bercerita kepada satu kaum tentang kisah bohong dengan maksud agar mereka tertawa. Celakalah dia...celaka dia. ((HR. Abu Dawud dan Ahmad))
FOTO TERKAIT:
VIDEO TERKAIT:
  Isi Komentar Anda
Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi republika.co.id. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Republika.co.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.
avatar
Login sebagai:
Komentar

  VIDEO TERBARU
Simpatisan Prabowo-Hatta: Hasil MK Tak Sesuai Harapan, Kita Terus Berjuang
JAKARTA -- Massa pendukung Prabowo-Hatta berdatangan menuju Mahkamah Konstitusi (MK). Irfan Sanusi selaku koordinator massa mengaku tujuan mereka datang adalah untuk mengawal keputusan...

Berita Lainnya

Lembaga Kemitraan: Jabar Buruk Dalam Komitmen Pelestarian Lingkungan