Sabtu, 19 Jumadil Akhir 1435 / 19 April 2014
find us on : 
  Login |  Register

Kunci Jawaban Palsu UN Merebak di Bandung

Kamis, 04 April 2013, 15:46 WIB
Komentar : 1
Agung Supriyanto/Republika
Ujian Nasional tingkat SMA
Ujian Nasional tingkat SMA

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Kunci jawaban palsu dikabarkan merebak di Kota Bandung. Kabar itu pertama kali dilontarkan oleh Forum Aksi Guru Indonesia (FAGI) Kota Bandung.

Ketua FAGI Kota Bandung, Iwan Hermawan, mencium dugaan penipuan dengan modus menjual kunci jawaban UN 2013 kepada siswa tingkat SMA dan sederajat.

"Tidak mungkin kunci jawaban bocor. Karena itu, siswa jangan percaya," katanya, Kamis (4/4).

Ia mengatakan, indikasi penipuan ini terungkap setelah adanya pengakuan sejumlah siswa di salah satu SMA negeri di Kota Bandung. Mereka mengaku membeli kunci jawaban palsu tersebut dengan harga Rp 40 ribu.

"Siswa dari sekolah lain pun mengaku mendapat tawaran jawaban UN. Namun, harga yang ditawarkan per mata pelajaran Rp 50 hingga Rp 75 ribu," katanya.

Sedangkan Polrestabes bandung, melalui Kasubag Humas Polrestabes Bandung, Kompol Rosdiana, siap melakukan penyelidikan atas beredarnya kabar tersebut. Namun, kata dia, informasi kunci jawaban palsu beredar masih sebatas  kabar semata.

"Baru diduga. Meski demikian, kami akan melakukan penyelidikan," ujarnya.

Reporter : Djoko Suceno
Redaktur : Hazliansyah
Jauhkanlah diri kamu daripada sangka (jahat) karena sangka (jahat) itu sedusta-dusta omongan, (hati)(HR Muttafaq Alaih )
FOTO TERKAIT:
VIDEO TERKAIT:
  Isi Komentar Anda
Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi republika.co.id. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Republika.co.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.
avatar
Login sebagai:
Komentar

  VIDEO TERBARU
Konsep SPBU ini Jadi Tren di AS
WASHINGTON -- Bayangkan, mengisi bensin sekaligus menikmati hidangan lezat yang dimasak langsung? Konsep yang sedang tren di Amerika ini memungkinkan warga memaksimalkan waktu...

Berita Lainnya

Warga Bunuh Anjing yang Diduga Rabies