Kamis , 04 April 2013, 10:44 WIB

53 Ribu Warga Usia Produktif di Sukabumi Menganggur

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Karta Raharja Ucu
Pengangguran (ilustrasi).
Pengangguran (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI -- Jumlah pengangguran di Kabupaten Sukabumi masih tinggi. Hingga awal 2013 ini tercatat sebanyak 53.210 orang usia produktif yang menganggur.

Data Disnakertrans Kabupaten Sukabumi menyebutkan, jumlah warga yang menganggur kebanyakan didominasi laki-laki. Rinciannya, sebanyak 26.794 laki-laki dan sisanya sebanyak 26.416 orang perempuan.

"Pemkab berupaya menekan pengangguran dengan berbagai cara," ujar Kepala Bidang Penempatan Tenaga Kerja, Disnakertrans Kabupaten Sukabumi, Supena, kepada ROL, Kamis (4/4).

Di antaranya dengan memfasilitasi informasi lowongan kerja yang ada di sejumlah perusahaan. Selain itu, kata Supena, pemerintah juga mendorong lahirnya wirausaha baru di tengah masyarakat. Upayanya dengan menggelar sejumlah pelatihan dan keterampilan kepada para pencari kerja.

Supena menjelaskan, masih banyaknya jumlah pengangguran disebabkan sejumlah faktor. Salah satunya karena banyaknya siswa SMA/SMK yang lulus setiap tahunnya dan tidak langsung terserap dunia kerja.