Minggu, 29 Safar 1436 / 21 Desember 2014
find us on : 
  Login |  Register

Hari Lebaran, 40 Kecelakaan, 7 Orang Tewas

Senin, 20 Agustus 2012, 15:59 WIB
Komentar : 0
Antara/Siswowidodo
 Kecelakaan lalu-lintas yang menelan korban jiwa (ilustrasi).
Kecelakaan lalu-lintas yang menelan korban jiwa (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG – Sebanyak 40 kali kecelakaan dengan korban tujuh orang tewas terjadi di wilayah Jawa Barat pada Hari Raya Idul Fitri 1433 Hijriyah, Ahad (19/8).

"Sepanjang Ahad (19/8) jumlah kecelakaan terjadi 40 kali, tujuh orang tewas. Terbanyak kasus kecelakaan pada Hari Lebaran di Garut dengan tujuh kali kasus kecelakaan," kata Kepala Bidang Humas Polda Jabar, Kombes (Pol) Martinus Sitompul, Senin (20/8).

Kejadian yang sebagian melibatkan kendaraan sepeda motor itu, menurut Martinus, juga mengakibatkan 24 orang luka berat dan 22 orang luka ringan.

"Selain korban jiwa dan luka, juga mengakibatkan kerugian materil senilai Rp 44,8 juta," bebernya.

Sementara itu, total kecelakaan yang terjadi mulai 10-19 Agustus atau sepanjang pelaksanaan Operasi Ketupat Lodaya 2012 di wilayah Jawa Barat, terjadi sebanyak 222 kasus laka lantas.

"Sebanyak 47 korban meninggal dunia. Dari 222 kasus laka lantas itu terbanyak di wilayah Polres Garut, yakni 36 kasus," kata Martinus. Sementara itu, sebanyak 73 orang mengalami luka berat dan melukai 154 orang. Sedangkan total kerugian materi mencapai Rp 394,9 juta.

Kejadian paling banyak, selain di Garut yang tercatat 36 kasus juga di wilayah Polrestabes Bandung 25 kasus, Subang 20 kasus, Majalanengka (12), Ciamis (17), Banjar (8), Sumedang (8), Cirebon dan Indramayu masing-masing tujuh kasus.

Disusul Cianjur, Bogor dan Cianjur masing-masing enam kasus, Cimahi (9) serta sejumlah daerah lainnya di Jabar. Sebagian besar akibat kesalahan manusia atau human error yang kurang disiplin saat mengemudi.





Redaktur : Chairul Akhmad
Sumber : Antara
Dan dirikanlah shalat dan tunaikan zakat. Dan apa-apa yang kamu usahakan dari kebaikan bagi dirimu, tentu kamu akan mendapat pahalanya pada sisi Allah. Sesungguhnya Allah Maha Melihat apa-apa yang kamu kerjakan. (QS.Al-Baqarah [2]:110)
  Isi Komentar Anda
Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi republika.co.id. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Republika.co.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.
avatar
Login sebagai:
Komentar

  VIDEO TERBARU
Anies Baswedan: SMK Harus Mulai Lirik Dunia Maritim
JAKARTA — Menteri Pendidikan Menengah Dasar dan Kebudayaan, Anies Baswedan mengharapkan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) melirik potensi laut. Bilamana moda transportasi darat telah...