Friday, 6 Safar 1436 / 28 November 2014
find us on : 
  Login |  Register

Jelang Ramadhan, PMI Bandung Tambah Stok Darah

Wednesday, 04 July 2012, 11:23 WIB
Komentar : 2
Dok PMI
Logo Donor Darah Sukarela (DDS) PMI.
Logo Donor Darah Sukarela (DDS) PMI.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG-- Jelang bulan Ramadhan dan Idul Fitri, Palang Merah Indonesia Kota Bandung mulai mempersiapkan stok kantong darah. PMI Kota Bandung menargetkan 8000 hingga 9000 stok kantong darah selama bulan Ramadhan.

Hal ini dikarenakan, jumlah pendonor pada bulan puasa mengalami penurunan.

"Biasanya bulan puasa jumlah pendonor menurun mencapai lebih dari 50 persen, karena itu sejak Juni sudah mulai melakukan penjaringan ke kelompok pendonor efektif dan kerja sama dengan instansi lain," kata Kepala Seksi Pengambilan Darah PMI Kota Bandung, Yetty Mulyatie, Bandung, Rabu (4/7).

PMI Kota bandung setiap harinya memeroleh 300 hingga 400 kantong darah setiap harinya. Maka, jumlah pendonor harus diantisipasi agar tetap stabil bahkan meningkat.

Yetty menambahkan, akan mengefektifkan mobil unit donor keliling dan menggalakkan kerja sama dengan berbagai instansi, bahkan sampai ke masjid-masjid di Kota Bandung. Untuk PMI Kota Bandung sendiri, hingga saat ini telah memiliki lima unit mobil untuk menjaring para pendonor dan sembilan dokter siap mencari serta melayani pedonor darah sepanjang Ramadan.

Yetty meminta masyarakat tidak  khawatir akan persediaan darah di Kota Bandung. "Stok sudah dianggap cukup, perolehan ini juga adanya kesadaran dari warga Kota Bandung," katanya.

Beragam manfaat yang dapat diperoleh dari donor darah. "Selain beramal, pendonor secara rutin terperiksa kesehatannya, minimal mengetahui berapa tekanan darah dan lain sebagainya,"jelas Yetty.

Reporter : Lingga Permesti
Redaktur : Hafidz Muftisany
Allah tidak menyukai orang-orang yang zalim(QS Ali Imran 3)
  Isi Komentar Anda
Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi republika.co.id. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Republika.co.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.
avatar
Login sebagai:
Komentar

  VIDEO TERBARU
Tahun 2015 MLS Bertabur Bintang
WASHINGTON DC -- Setelah David Beckham bermain di MLS selama tahun hingga 2012, Thierry Henry yang masih bermain hingga saat ini, tahun 2015...