Senin, 02 Juli 2012, 15:41 WIB

Tahun ini, Dua PTS di Jabar Jadi PTN

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Heri Ruslan
Gedung Sate, Jawa Barat
Gedung Sate, Jawa Barat

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG — Pemprov Jabar menargetkan, tahun ini dua perguruan tinggi swasta (PTS) yang ada di Jabar statusnya akan diubah menjadi perguruan tinggi negeri (PTN). K

Pemprov Jabar memiliki  program pengalihan status empat perguruan tinggi swasta (PTS) menjadi perguruan tinggi negeri (PTN).

"Perubahan status empat PTS menjadi negeri itu mudah-mudahan, Insya Allah bisa tahun ini. Tapi minimal dua (PTS) dulu," ujar Ahmad Heryawan usai melepas 2.000 mahasiswa peserta tematik KKN, Senin (5/7).

Menurut Heryawan, keempat PTS yang akan berubah status menjadi PTN adalah Universitas Siliwangi di Kota Tasikmalaya, Politeknik Sukabumi di Kota Sukabumi, Universitas Swagati di Kota Cirebon, dan Universitas Singaperbangsa di Kabupaten Karawang.

"Jadi yang paling cepat mengajukan persyaratan, maka itu yang akan diubah," imbuh Heryawan.
 
Sebelumnya, Heryawan menuturkan persoalan pembebasan lahan menjadi salah satu kendala utama bagi Pemprov Jabar yang berencana untuk mengubah status empat perguruan tinggi swasta (PST) menjadi perguruan tinggi negeri (PTN) di Jabar. Pemprov Jabar sendiri, sudah mendorong upaya mengubah status empat PTS di Jabar menjadi PTN tersebut sejak 2010.