Senin, 1 Syawwal 1435 / 28 Juli 2014
find us on : 
  Login |  Register

Antisipasi Kekeringan di Bulan Puasa, BPBD Bogor Siaga Darurat

Senin, 25 Juni 2012, 09:26 WIB
Komentar : 2
Memasuki musim kemarau banyak kolam ikan atau tambak dilanda kekeringan di kawasan Marunda, Jakarta Utara, Jumat (9/9). (Republika/Agung Supriyanto)
Memasuki musim kemarau banyak kolam ikan atau tambak dilanda kekeringan di kawasan Marunda, Jakarta Utara, Jumat (9/9). (Republika/Agung Supriyanto)

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bogor melakukan siaga darurat kekeringan guna menghadapi musim kemarau 2012. Berkaca pengalaman sebelumnya,  BPBD diimbau siaga dengan melakukan koordinasi guna menyiapkan ketersediaan air bersih untuk masyarakat.

"Sesuai dengan imbauan Gubernur Jawa Barat, agar setiap BPBD daerah melakukan siaga darurat kekeringan," kata Kepala Seksi Logistik BPBD Kabupaten Bogor Budi Aksomo di Bogor, Senin.

Ia menjelaskan, siaga darurat kekeringan diterapkan pada 2012 menyusul kekeringan di sejumlah daerah pada 2011.

BPBD Kabupaten Bogor telah menjalin kerja sama dengan PDAM Tirta Kahuripan sebagai perusahaan penyedia jasa air bersih, untuk menyalurkan bantuan air bersih kepada masyarakat saat musim kemarau. Kerja sama BPBD dengan PDAM Tirta Kahuripan itu, katanya, telah berlangsung sejak 2011.

Pihak PDAM telah menyediakan truk pengangkut air bersih untuk distribusi bantuan kepada daerah-daerah yang kekeringan. "Tahun lalu PDAM telah menyalurkan 68 ribu liter air ke sejumlah daerah yang mengalami kekeringan," katanya.

Pada 2012, kata Budi, BPBD dengan PDAM menyiagakan air bersih dengan jumlah sesuai kebutuhan di lapangan. Kebutuhan air yang disediakan selain air bersih, juga untuk keperluan irigasi maupun lainnya.

Ia mengatakan, berbagai alternatif akan dilakukan saat musim kemarau datang seperti pembuatan sumur dan mencari mata air untuk menyalurkan air ke perkampungan yang mengalami krisis air bersih. "Kita berharap kekeringan yang terjadi pada tahun lalu tidak terulang lagi, tapi jika itu terjadi BPBD siap siaga menyediakan air bersih. Diperkirakan musim kemarau akan masuk bertepatan dengan Bulan Ramadhan," ujar Budi yang juga Ketua Tim Reaksi Cepat BPBD Kabupaten Bogor itu.

Ia mengatakan, sejumlah wilayah di Kabupaten Bogor yang masuk daerah rawan kekeringan seperti Jonggol, Cariu, Tajur Sari, Caringin, dan Bojong Koneng.

Redaktur : Hazliansyah
Sumber : Antara
Rasulullah SAW melaknat tukang pemberi suap, menerima suap, dan menjadi perantara diantaranya(HR Tirmidzi)
  Isi Komentar Anda
Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi republika.co.id. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Republika.co.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.
avatar
Login sebagai:
Komentar

  VIDEO TERBARU
Jadi Khatib Shalat Ied, Teuku Wisnu: Awalnya Saya Mau Mundur
 JAKARTA -- Teuku Wisnu bertindak menjadi Khatib pada Salat Ied di Masjid Lautze, Senin (28/7). Ini merupakan kali pertama Ia melakukannya. Wisnu sendiri sempat...