Jumat , 12 Januari 2018, 13:44 WIB

Anies Ingin Pembangunan Ibu Kota Lebih Baik

Red: Esthi Maharani
Republika/ Mas Alamil Huda
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan mengharapkan agar pembangunan di ibu kota terus membaik pada tahun-tahun mendatang.

"Kita ingin supaya pembangunan Kota Jakarta pada 2019 dan tahun-tahun mendatang lebih baik lagi. Visi kita sudah jelas, misinya juga sudah jelas. Sekarang tinggal strateginya yang harus ditegaskan," kata Anies di Balai Kota, Jakarta Pusat, Jumat (12/1)

Untuk mewujudkan pembangunan Kota Jakarta yang lebih baik pada 2019 mendatang, menurut dia, kerangka penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Provinsi DKI Jakarta 2019 harus dimatangkan.

"Strategi pembangunan itu diharapkan berlandaskan pada keadilan dan keberpihakan dengan mempertimbangkan perspektif yang tergolong lemah, misalnya kaum anak-anak, perempuan dan penyandang disabilitas," ujar Anies.

Dia juga berharap agar pembangunan di masa depan dapat mendorong Jakarta menjadi kota global yang terbuka pada perubahan serta kemajuan dunia, tanpa mengesampingkan kelestarian lingkungan.

"Dalam pendanaan pembangunan, saya ingin pihak swasta ikut terlibat melalui program sosial perusahaan atau Corporate Social Responsibility (CSR). Jadi, tidak hanya mengandalkan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) DKI Jakarta saja," tutur Anies.

Lebih lanjut, dia pun mengungkapkan bahwa pembangunan di ibukota tidak terlepas dari peran serta seluruh warga yang harus terus-menerus ditingkatkan melalui interaksi sosial.

"Apabila interaksi sosial terus ditingkatkan, maka akan mampu memperkuat modal sosial, sehingga tumbuh kepercayaan sosial yang tinggi dan bermuara pada low cost interaction. Interaksi sosial harus terus didorong," ungkap Anies.

Sumber : Antara