Rabu , 06 December 2017, 15:17 WIB

Anies: Status Siaga Banjir Rob dalam Dua Hari Ini

Rep: Mas Alamil Huda/ Red: Bilal Ramadhan
Republika/Raisan Al Farisi
 Aktifitas warga saat banjir rob yang menggenangi wilayah Muara Baru, Jakarta Utara, Jumat (10/6). (Republika/Raisan Al Farisi)
Aktifitas warga saat banjir rob yang menggenangi wilayah Muara Baru, Jakarta Utara, Jumat (10/6). (Republika/Raisan Al Farisi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meminta jajarannya sigap dengan kemungkinan terjadinya banjir rob di wilayah Jakarta Utara. Dia mengatakan, selama dua hari ke depan semua tugas terus memantau dan siaga selama 24 jam.

"Jadi dua hari ini statusnya siaga, 24 jam siap sambil kita berharap mudah-mudahan tidak ada bencana," kata dia di Taman Ismail Marzuki (TIM), Jakarta, Rabu (6/12).

Anies mengatakan, banjir rob yang terjadi pada Selasa (5/12) di beberapa titik di Jakarta Utara sudah tertangani. Namun, instruksi siaga tetap diberlakukan lantaran prakiraan cuaca buruk ini akan berlangsung selama dua hari ke depan.

"Karena menurut prediksi, sampai dua hari ke depan ini, permukaan air akan meningkat dan sesudah dua hari akan turun," ujar dia.

Pada Selasa (5/11), beberapa wilayah di Jakarta Utara seperti Muara Baru, Kampung Nelayan, Penjaringan dan beberapa lainnya sempat terlanda banjir rob akibat air laut pasang. Air yang naik pada pagi hari ini membuat beberapa titik tertentu terendam hingga satu meter lebih.