Rabu , 01 November 2017, 19:12 WIB

'Alexis Sudah Kosong, Sudah tidak Bekerja Semua'

Rep: Inas Widyanuratikah/ Red: Andri Saubani
Republika/Putra M. Akbar
Lepas Plang Alexis. Petugas melepas plang Hotel Alexis di Jalan RE Martadinata, Pademangan, Jakarta Utara, Rabu (1/11).
Lepas Plang Alexis. Petugas melepas plang Hotel Alexis di Jalan RE Martadinata, Pademangan, Jakarta Utara, Rabu (1/11).

REPUBLIKA.CO.ID, Hotel dan Griya Pijat Alexis, sebuah tempat bersantai yang belakangan ini menjadi topik pembicaraan karena kontroversinya, saat ini sudah ditutup. Sebelumnya, tulisan Alexis yang terdapat di hotel tersebut hanya ditutupi kain. Namun, hari Rabu (1/11) terlihat plang nama Alexis yang terdapat di depan hotel tersebut telah dicopoti, tak terlihat bentuknya lagi.

Di bagian depan pintu masuk juga tertulis "Alexis hotel and spa is not in operation until further notice (Hotel dan spa Alexis tidak beroperasi sampai pemberitahuan lebih lanjut)."

Kondisi hotel tersebut sudah sepi. Tidak ada lagi pelanggan yang keluar masuk tempat tersebut. Hanya ada beberapa petugas keamanan yang menjaga pintu. Beberapa wartawan pun sibuk berjaga di sekitar hotel. Salah satu petugas juga mengungkapkan bahwa sudah tidak ada aktivitas lainnya lagi di tempat tersebut.

"Sudah kosong. (Karyawannya) sudah enggak ada. Sudah tidak bekerja semua," kata salah satu petugas keamanan berseragam hitam saat ditemui Republika, Rabu (1/11).

Namun, sekitar siang hari hotel tersebut kedatangan petugas dari Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi DKI Jakarta, Diki Susendi serta dua rekannya. Ketika akan masuk, Diki mengatakan akan memeriksa berkas.

"Kami sebagai pemantau mau mengecek berkas saja," kata Diki sebelum memasuki Hotel Alexis.

Setelah sekitar 1,5 jam berada di dalam, Diki serta dua rekannya tersebut keluar hotel dan langsung masuk ke dalam mobil lalu melaju pergi. Membiarkan begitu saja para wartawan yang telah menunggu sejak ia dan rekannya masuk.

Setelah kepergian Diki dan dua rekannya, tidak ada lagi aktivitas berarti di Hotel Alexis. Sampai sekitar pukul 17.00 WIB, keadaan sekitar hotel kembali sepi dan hanya terdapat petugas keamanan berlalu-lalang.

Sementara itu, keadaan hotel dan spa di sekitar Mangga Besar tidak jauh berbeda dari biasanya. Menurut pengelihatan salah satu pedagang kaki lima di sekitar kawasan Mangga Besar bernama Eni, tidak ada yang berubah dari tempat tersebut.

"Ya ramai-ramai saja sih, kadang ada yang lewat, kadang enggak, biasa aja," kata Eni.

Eni juga mengungkapkan, tidak ada hal yang berbeda di lingkungannya saat ini. Hanya terlihat beberapa mobil terparkir di tiap hotel di sekitaran Mangga Besar seperti biasanya. Hotel-hotel pun masih aktif beroperasi.