Jumat , 27 Januari 2017, 22:36 WIB

Anis Berdebat dengan Ahok Soal Reklamasi

Rep: Mas Alamil Huda/ Red: Esthi Maharani
Republika/Wihdan Hidayat
 Pasangan cagub DKI nomor tiga Anies Baswedan-Sandiaga Uno saat mengikuti debat kedua cagub-cawagub DKI Jakarta di Jakarta, Jumat (27/1) malam.
Pasangan cagub DKI nomor tiga Anies Baswedan-Sandiaga Uno saat mengikuti debat kedua cagub-cawagub DKI Jakarta di Jakarta, Jumat (27/1) malam.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Anies Baswedan dan Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) saling membalas dalam debat kandidat Pilkada DKI terkait bahasan reklamasi. Anies menyindir, warga DKI yang tinggal di tepi daratan kini tak bisa menikmati pantai akibat reklamasi.

"Namanya Sunda Kelapa, tapi di mana nyiur melambai itu sekarang," kata Anies dalam debat kedua di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Jumat (27/1).

Cagub nomor tiga itu mengungkapkannya saat mendapat pertanyaan dari pasangan Ahok-Djarot. Pasangan nomor dua itu mempertanyakan sikap pasangan Anies-Sandi yang akan menghentikan reklamasi di Teluk Jakarta jika terpilih menjadi gubernur DKI.

Sandiaga menjelasklan, masalah reklamasi adalah masalah keadilan. Saat ini, kata dia, proses dalam reklamasi tidak terbuka dan tidak berkeadilan. Ribuan nasib nelayan kini tidak jelas. Bayangan kemiskinan semakin menghantui mereka akibat reklamasi Teluk Jakarta.

"Ini harga mati bahwa keadilan harus dihadirkan. Ini sebuah perjuangan untuk membela rakyat," ujar Sandiaga.