Jumat , 27 April 2012, 17:40 WIB

Kapolda Metro Imbau 'Ultah Buruh May Day' tak Ricuh

Rep: Asep Wijaya/ Red: Djibril Muhammad
Kapolda Metro Jaya Untung S Rajab
Kapolda Metro Jaya Untung S Rajab

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Tidak lama lagi, seluruh buruh sedunia akan merayakan Hari Buruh Internasional yang biasa disebut 'May Day' pada 1 Mei 2012. Pada hari itu, sejumlah buruh biasanya menggelar aksi di beberapa titik di Jakarta.

Kapolda Metro Jaya, Irjen Pol Untung S Rajab, menjelaskan, Kepolisian Daerah (Polda) Metro Jaya siap mengamankan dan mengawal aksi yang digelar sejumlah buruh untuk memperingati 'May Day'' tersebut.

Selain itu, Untung menyatakan, polisi juga akan mengamankan masyarakat umum yang tidak mengikuti aksi. "Tujuannya agar mereka juga dapat melakukan aktivitasnya seperti biasa," tutur Untung di hadapan sejumlah wartawan, Jakarta, Jumat (27/4).

Terkait rencana aksi pada Hari Buruh itu, Untung mengimbau agar seluruh peserta aksi dapat menggelar aksinya dengan tertib. Dia meminta, setiap buruh dapat menaati hukum yang berlaku dengan tidak melakukan upaya perusakan terhadap barang milik publik.

Lebih lanjut, Untung menyatakan permintaan maafnya kepada seluruh pengguna jalan bila terjadi kemacetan dan pengalihan jalan pada perayaan 'May Day'. Dia juga menyadari akan potensi kemacetan yang akan terjadi di Jakarta nanti. "Tidak ada unjuk rasa saja sudah macet apalagi kalau ada unjuk rasa," seloroh Untung.