Selasa , 18 Oktober 2016, 19:04 WIB

Sandiaga Gagas Satu Kecamatan Satu Pusat Wirausaha

Red: Ani Nursalikah
Antara/Reno Esnir
Pasangan bakal calon Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan (kiri) dan bakal calon Wagub Sandiaga Uno (kanan).
Pasangan bakal calon Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan (kiri) dan bakal calon Wagub Sandiaga Uno (kanan).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bakal Calon Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno mengagas satu kecamatan di Jakarta akan ada satu pusat kewirausahaan.

"Kita akan menggaet anak-anak muda, wirausaha sukses di dalam pusat kewirausahaan yang nanti kita gagas di setiap kecamatan dan lima tahun ke depan akan lahir 200 ribu pengusaha muda baru," kata Sandiaga di Jakarta, Selasa (18/10).

Saat ini, tidak banyak pelatihan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) yang melibatkan pengusaha. Justru pelatihan yang melibatkan birokrat dan akademisi yang akhirnya bicara teori.

"Saya bicara riil, kita pengusaha bener. Dan mereka merasa oh iya memang berbeda. Akhirnya apakah pelatihan itu pencitraan atau benar-benar menghasilkan sebuah terobosan untuk UKM itu yang membedakan diferensiasi program Anies-Sandi," kata Sandiaga.

Ada beberapa sektor menjanjikan untuk wirausaha anak muda. Tapi yang paling cocok untuk anak muda di sektor aplikasi teknologi dunia digital. "Juga sektor solusi industri jasa yang ada di Jakarta sekarang yakni pariwisata, kuliner dan fashion. Itu ekonomi kreatif yang akan jadi tulang punggung perekonomian Jakarta ke depan," kata Sandiaga.

Pembinaan akan mulai dibidik sejak SMA sudah disiapkan. "Kami tebarkan virus-virus kewirausahaan. Begitu mereka mulai, kami beri kesempatan mereka magang, karena link and match itu akan menyiapkan mereka," kata Sandiaga.

Pilgub DKI Jakarta diikuti oleh tiga bakal pasangan calon gubernur dan calon wakil gubernur DKI Jakarta. Tiga pasangan tersebut yakni Anies Baswedan-Sandiaga Uno, Basuki Tjahaja Purnama-Djarot Saiful Hidayat dan Agus Harimurti Yudhoyono-Sylviana Murni.

Sumber : Antara