Rabu , 20 Januari 2016, 13:37 WIB

Sayembara Cari 1 Angka Dapat Hadiah Rp 2 Miliar, Anda Berminat?

Red: Dwi Murdaningsih
science alert
pencarian bilangan prima (ilustrasi)
pencarian bilangan prima (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, MISSOURI -- Komputer Missouri menemukan bilangan prima tertinggi yang bisa ditemukan manusia. Dan, bilangan prima ini terdiri dari 22 juta digit angka. Wow! Bilangan prima yang baru dihitung adalah 2 (pangkat 74.207.281)-1 dan memiliki 22 juta digit angka. Rekor ini hampir 5 juta digit lebih panjang dari rekor bilangan prima yang pernah ditemukan sebelumnya.

Tapi, apakah semua ini penting? Bagi siapa saja yang sering bergaul dengan matematika, atau penggemar matematika, bilangan prima adalah bilangan yang unik. Angka ini hanya bisa dibagi dengan diri mereka sendiri. Bukan hanya itu, bilangan prima bisa digunakan untuk membuat berbagai macam pola yang menarik, seperti spiral Ulam.

Baru-baru ini, bilangan prima telah digunakan untuk menguji kekuatan komputer. Meskipun bilangan prima yang baru ditemukan ini memecahkan rekor paling besar, pada kenyataannya bilangan memiliki nominal yang tidak terbatas. Namun, penemuan ini tetap saja merupakan penemuan besar. Curtis Cooper, matematikawan di University of Central Missouri diganjar 100 ribu dolar untuk penemuan bilangan prima tertinggi pada 2013 lalu.

Sementara, rekor yang baru dipecahkan ini merupakan kelompok dari bagian prima Mersenne. Hanya ada 49 bilangan prima Mersenne yang dikenal hingga saat ini. Namun, para ahli matematika terus melakukan pencarian untuk bilangan ini. Bilangan ini ditemukan sebagai bagian dari proyek Great Internet Mersenne Prime Search (GIMPS). Proyek ini sudah dilakukan selama 20 tahun terakhir dan telah terhubung dengan ribuan komputer di seluruh dunia. Tujuannya hanya satu: mencari bilangan prima dengan jumlah digit angka yang semakin banyak.

Sebetulnya, Cooper dan komputernya di lab Universitas tersebut sudah menemukan angka ini pada September tahun lalu. Namun, ada bug sehingga angka ini tidak tampak. "Pencarian itu sendiri (bilangan prima) memang memiliki beberapa manfaat praktis," ujar para ilmuwan, seperti dilansir dari The Guardian.

Ini adalah kali keempat bagi Cooper memecahkan rekor temuan bilangan pria. Dia diganjar 3.000 dolar untuk penemuan ini. Selanjutnya, hadiah 150 ribu dolar atau Rp 2 miliar akan diberikan bagi siapa saja yang menemukan 100 juta digit bilangan prima pertama. Bagaimana, apa Anda tertarik?

baca juga:

Ahli Matematika Temukan Rumus untuk Buat Manusia Salju Paling Keren