Jumat , 11 January 2013, 07:41 WIB

Data dan Fakta Pertemuan MU-LIverpool

Red: Setyanadivita Livikacansera
REUTERS
Robin Van Persie mengacungkan tangan usai berhasil mengeksekusi pinalti ke gawang Liverpool pada pertandingan Ahad (23/9/2013)
Robin Van Persie mengacungkan tangan usai berhasil mengeksekusi pinalti ke gawang Liverpool pada pertandingan Ahad (23/9/2013)

REPUBLIKA.CO.ID, MANCHESTER -- Dua klub terbesar Liga Inggris akan kembali berhadapan pada Ahad (13/1). Sebagai dua lawan yang sudah lama bersaing, Manchester United (MU) dan Liverpool sudah memiliki daftar sejarah perteman yang panjang.

Dikutip dari Eurosport, berikut adalah data dan fakta pertemuan MU dan Liverpool. Steven Gerrard adalah pemberi assist terbanyak di Liga Inggris musim ini. Gerrard telah delapan kali melepas umpan yang berujung gol oleh rekannya.

Pertemuan antara MU dan Liverpool tercatat sebagai laga dengan kartu merah terbanyak kedua sepanjang sejarah Premier League. Total, ada 14 pemain diusir wasit di tengah pertandingan. Di atas rekor MU dan Liverpool, ada Liverpool vs Everton yang menghasilkan 20 kartu merah.

Punggawa baru MU, Robin van Persie bisa menjadi kekuatan baru MU, khusus pada pertandingan besar ini. Pasalnya, selama bergabung di Arsenal, van Persie mencetak lima gol dalam enam pertandingan terakhir menghadapi Liverpool di ajang Premier League.

Sepanjang musim ini, sudah 412 tembakan dilepaskan Liverpool di sepanjang musim ini, jauh mengungguli MU yang melepaskan 333 tembakan. Namun begitu, dalam hal produktivitas jumlah gol The Reds masih kalah 20 dibanding The Red Devils.