Jumat , 25 Juni 2010, 22:59 WIB

Eminem Cetak Rekor Penjualan

Rep: m. akbar/ Red: Ririn Sjafriani

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Di tengah lesunya geliat industri musik Amerika, Eminem membawa kabar gembira. Rapper bernama asli Marshall Bruce Mathers III ini dilaporkan bakal membuat rekor dalam penjualan album terbarunya yang berjudul Recovery.

 

Album ini diprediksikan bakal menjadi jawara di daftar tangga album Billboard pekan depan. Seperti dikutip dari laman digitalspy, prediksi tersebut muncul setelah penjualan yang mampu melewati angka 500 ribu kopi.

 

Penjualan sebanyak itu merupakan hasil dari penjualan pekan perdana. Angka tersebut diyakini juga bakal bisa mematahkan rekor yang pernah digenggam Sade lewat albumnya Soldier of Fortune. Album tersebut pernah merajak tangga album Billboard pada Februari lalu dengan penjualan mencapai 502 ribu.

 

Bagi Eminem sendiri, penjualan dan tahta puncak Billboard bukanlah yang kali pertama. Tahun lalu, album bertajuk Relapse juga pernah membukukan rekor penjualan terlaris. Ketika itu tercatat ada 608 ribu kopi yang terjual.

 

Sedangkan untuk bertahta di posisi puncak tangga album Amerika, album Recovery ini merupakan album keenam yang lahir dari buah karya penyanyi kelahiran Detroit, 37 tahun silam ini.

 

Sementara itu Eminem muncul merintis suksesnya sejak 1999. Debut albumnya yang berjudul The Slim Shady LP tercatat pernah mengantarkannya meraih gelar sebagai Album Rap Terbaik versi Grammy Awards.

 

Oleh majalah musik tersohor , Rolling Stone, nama Eminem dimasukkan ke dalam salah satu daftar 100 Greatest Artists of All-Time. Dan pada Desember tahun lalu, majalah Billboard juga mengganjarnya anugerah sebagai artis terbaik pada dekade ini. Masih merujuk Billboard juga, dari lima penjualan albumnya sepanjang 2000 tercatat Eminem telah menjual lebih dari 12,5 juta kopi.

Berita Terkait