Senin, 6 Zulqaidah 1435 / 01 September 2014
find us on : 
  Login |  Register

Lelang Kepsek Terobosan untuk Pangkas Permainan 'Kotor'

Minggu, 20 Oktober 2013, 13:58 WIB
Komentar : 5
Yogi Ardhi/Republika
Joko Widodo (Jokowi)
Joko Widodo (Jokowi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Lelang jabatan kepala sekolah (Kepsek) dinilai sebagai terobosan birokrasi yang mampu memangkas permainan kotor seputar pengangkatan kepsek sebagaimana terjadi selama ini.

Oleh karena itu, Forum Musyawarah Guru Jakarta (FMGJ) mendorong semakin banyak pemerintah daerah untuk menerapkan kebijakan ini.

Menurut Koordinator Tim Kajian FMGJ Retno Listyarti, saat ini lelang Kepsek tersebut baru dilaksanakan oleh pemerintahan Gubernur Joko Widodo dan Wakil Gubernur Basuki Tjahaya Purnama atau dikenal sebagai duet Jokowi-Ahok.
 
“Kebijakan lelang kepala sekolah memungkinkan posisi pucuk pimpinan di sebuah sekolah diisi oleh guru-guru yang memang terampil dan kompeten. Ada azas keadilan di sini,” ujar Retno akhir pekan lalu.
 
Menurut Retno, Pemerintahan Provinsi DKI Jakarta pun, menjadi pemerintahan daerah pertama yang menggelar mekanisme lelang kepala sekolah pada November mendatang. Sebanyak 117 posisi kepala SMA Negeri bakal dilelang. Selanjutnya tahun depan, seluruh posisi kepala sekolah di SD, SMA, dan SMK Negeri akan menyusul dilelang.

Retno menilai, kebijakan baru yang dirintis Pemprov DKI Jakarta ini layak ditiru oleh Pemda lain. Pasalnya, proses pengangkatan kepala sekolah selama ini identik dengan beragam praktik permainan kotor, mulai dari motif politis hingga sogok-menyogok. “Di Jakarta, untuk bisa jadi kepala sekolah, dengar-dengar tarifnya sudah mencapai Rp 120 juta. Orang-orang menyebutnya satu Xenia,” kata Retno.

Akibat praktik menyimpang semacam ini, kata dia, posisi kepala sekolah rentan ditempati orang-orang yang tidak kompeten. Karena, hanya mengandalkan kedekatan dengan pejabat Dinas Pendidikan atau mereka yang mampu membayar. Padahal, dalam upaya peningkatan kualitas sekolah, peran seorang kepala sekolah sebagai manajer amatlah strategis.

Selain terobosan kebijakan lelang kepala sekolah, FMGJ juga mengapresiasi langkah Gubernur dan Wakil Gubernur baru dalam mendukung kebebasan berekspresi bagi para guru. Tidak ada lagi penganakemasan salah satu organisasi profesi. “Kami selalu dilibatkan dalam berbagai pengambilan kebijakan. Saran dan kritik kami juga didengar,” kata Retno.

Menurut Retno, para kepala daerah lain harus mulai membangun keterbukaan dan komunikasi dengan setiap organisasi guru. Karena bagaimana pun, guru merupakan kunci keberhasilan proses pendidikan.

Menurut Sekretaris Umum FMGJ Fakhrul Alam,  Program Kartu Jakarta Pintar (KJP) dinilai masih bermasalah dalam implementasi lapangan. Salah satunya yang menonjol adalah kebijakan mutasi data yang telah menghilangkan siswa hak-hak penerima KJP.

Selain KJP, kata dia, beberapa persoalan juga ditemukan dalam bentuk pungutan di sekolah, pembelian sarana sekolah yang tidak sesuai kebutuhan, dan PPDB online sistem zonasi yang belum bisa mengakomodasi perpindahan mendadak. “Birokrasi pendidikan juga belum seluruhnya berorientasi melayani. Pimpinannya memang progresif, tapi bawahannya masih banyak yang konservatif,” katanya.

Reporter : Arie Lukihardianti
Redaktur : Heri Ruslan
Sesungguhnya Allah sekali-kali tidak akan mengubah sesuatu nikmat yang telah dianugerahkan-Nya kepada sesuatu kaum, hingga kaum itu merubah apa yang ada pada diri mereka sendiri, (( QS.An Anfaal 8 : 53 ))
FOTO TERKAIT:
VIDEO TERKAIT:
  Isi Komentar Anda
Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi republika.co.id. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Republika.co.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.
avatar
Login sebagai:
Komentar

  VIDEO TERBARU
Inter Milan Gasak Stjarnan
MILAN -- Inter Milan tumbangkan Stjarnan dengan skor teak 6-0 dalam play-off second leg Liga Eropa di Stadion San Siro,  Jumat (29/8). Inter yang...

Berita Lainnya

Modus Baru, Merampok dengan Setrum

DKI Siapkan Rp 46 Miliar untuk Bersihkan Eceng Gondok