Rabu, 9 Sya'ban 1439 / 25 April 2018

Rabu, 9 Sya'ban 1439 / 25 April 2018

Satu Tahun Memimpin Jakarta, Ini Rapor Jokowi (2)

Ahad 13 Oktober 2013 12:01 WIB

Rep: halimatus sadiyah/ Red: Taufik Rachman

Jokowi

Jokowi

Foto: Republika/Agung Supri

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pasangan Gubernur Joko Widodo dan Wakil Gubernur Basuki Tjahaya Purnama genap setahun memimpin Jakarta pada 15 Oktober mendatang. Selama satu tahun menjabat, apa sajakah program-program mereka yang sudah terealisasi?

4. Penataan Pedagang Kaki Lima

Pemprov Jakarta di bawah kepemimpinan Jokowi juga berhasil melakukan penataan pada 700 PKL di Tanah Abang. Mereka yang sebelumnya berjualan di badan jalan hingga menyebabkan kemacetan lalu lintas, kini sudah direlokasi ke Pasar Blok G. Selain Tanah Abang, Pemprov juga melakukan penataan pada pedagang di Pasar Gembrong, Jakarta Timur.

Selain merelokasi PKL yang berada di jalanan, pemprov juga menyediakan ruang bagi mereka untuk mengaktualisasikan diri melalui Kaki Lima Night Market yang digelar tiap akhir pekan.

5. Lelang Jabatan Lurah Camat

Gebrakan baru juga dibuat Jokowi dalam sistem pemerintahan. Gubernur yang hobi blusukan itu mengadakan lelang jabatan atau seleksi terbuka untuk posisi camat dan lurah. Langkah ini ditempuh untuk mendapatkan pejabat publik yang sesuai dengan kriteria yang diinginkan Pemprov, yaitu lurah camat yang mau bekerja keras untuk melayani warga. Program ini pun dianggap cukup berhasil karena tingkat kepuasan warga akan pelayanan publik di kantor kelurahan dan kecamatan meningkat. Namun demikian, Jokowi akan tetap melakukan evaluasi pada lurah camat hasil lelang pada November mendatang.

6. Menerapkan Sistem Pajak Online

Pemprov Jakarta di bawah kendali Jokowi menerapkan sistem pajak online. Sistem ini bertujuan agar  memudahkan wajib pajak untuk menunaikan kewajibannya. Selain itu, sistem ini diterapkan untuk menghindari kebocoran dana yang dikhawatirkan terjadi apabila transaksi dilakukan dengan tatap muka.

Meski demikian, rupanya belum semua warga mau beralih menggunakan pajak online. Menurut Jokowi perlu waktu bagi warga untuk terbiasa dan akhirnya mau beralih ke sistem baru itu.

7. Pembangunan MRT

Selama satu tahun memimpin Jakarta, Jokowi memang belum mampu menyelesaikan masalah kemacetan di Jakarta. Namun demikian, setidaknya harapan warga Jakarta untuk menikmati jalanan yang lancar kembali muncul setelah Jokowi meresmikan ground breaking pembangunan proyek Mass Rapid Transit (MRT). Rencananya, transportasi massal berbasis rel itu bisa dinikmati warga pada awal 2018.

8. Membuat Pesta Rakyat

Jokowi sadar betul, tidak semua warga Jakarta bisa menikmati liburan mewah ala orang berduit. Karenanya, di setiap event tertentu, pemerintah mengadakan pesta rakyat yang bisa dinikmati warga secara gratis. Sebut saja Jakarta Night Festival, Jakarnaval, dan Jakarta International Performing Art.

Meski demikinan, Jokowi mengaku festival-festival yang digagasnya itu belum sempurna, terutama soal kurangnya penerangan selama acara dan soal kebersihan usai acara.

9. Menyediakan Bangku Taman

Gubernur Jokowi berhasil menjadikan kota Jakarta yang dipimpinnya lebih manusiawi dengan menyediakan 344  bangku taman di sepanjang Jalan Sudirman dan Jalan Thamrin. Meski hanya program kecil, namun langkah ini sangat dirasakan manfaatnya oleh warga. Sebab, warga kini bisa duduk santai sambil menunggu datangnya bus saat pulang kerja.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES