Wednesday, 4 Safar 1436 / 26 November 2014
find us on : 
  Login |  Register

Pembongkaran Lahan Tanah Merah Penuh Skenario Busuk

Friday, 23 August 2013, 06:38 WIB
Komentar : 0
antara
Pembongkaran lahan
Pembongkaran lahan

REPUBLIKA.CO.ID, MEDAN SATRIA -- Pembongkaran sejumlah bangunan di Tanah Merah Kelurahan Kali Baru, Kecamatan Medan Satria, Kota Bekasi, berlangsung ricuh. Kericuhan ini dikarenakan adanya permainan dalam pelunasan terkait uang kerahiman bangunan warga.

"Banyak warga yang mendapatkan paksaan guna menerima uang kerahiman tersebut," ungkap Ketua Forum Komunikasi Warga Tanah, JH Sidabutar kepada Republika, Kamis (22/8).

Warga menolak pembongkaran dengan alasan sudah menempati lahan tersebut selama puluhan tahun. Besaran uang kerahiman pun seperti ada permainan dari oknum kelurahan.

Warga pun tampak menolak adanya upaya pembongkaran ini. Upaya pembongkaran oleh petugas pun gagal. Warga beramai-ramai mengepung petugas dengan membawa berbagai macam benda tumpul.

Sidabutar mengatakan, pihak kelurahan Kali Baru semestinya melakukan diskusi terlebih dahulu dengan warga. Bukan dengan penggusuran dengan paksa seperti ini.

Dia menjelaskan, secara hukum, tanah ini merupakan milik Pemerintah Daerah Kabupaten Bekasi. Namun, mengapa pihak Kelurahan dari Pemerintah Kota Bekasi yang harus mengeksekusi lahan ini.

Dia memaparkan, ada warga yang bernama Heri putra warga bernama Arif Samsudin dipaksa menerima uang kerahiman sebesar Rp 3 juta. Namun, dalam surat kwitansi tersebut tertulis sebesar Rp 7 juta.

Sekadar mengetahui, total keseluruhan tanah ini memiliki luas mencapai 19 hektar dan ditempati oleh sekitar 350 kepala keluarga selama puluhan tahan lalu. Sebagian lahan juga digunakan untuk pangkalan parkir truk pengangkut tanah merah.

Reporter : Irfan Abdurrahmat
Redaktur : Djibril Muhammad
"Hai orang-orang yang beriman, janganlah sekumpulan orang laki-laki merendahkan kumpulan yang lain, boleh jadi yang ditertawakan itu lebih baik dari mereka."((Hujuraat 49:11) )
  Isi Komentar Anda
Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi republika.co.id. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Republika.co.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.
avatar
Login sebagai:
Komentar

  VIDEO TERBARU
BBM Indonesia Naik di Amerika Malah Turun, Mengapa?
WASHINGTON DC -- Sementara harga BBM di Indonesia naik, di Amerika Serikat harga BBM justru turun ke level terendah selama hampir lima tahun...