Tuesday, 1 Rabiul Awwal 1436 / 23 December 2014
find us on : 
  Login |  Register

Ferry: Pemilih Muda Cenderung Golput

Sunday, 03 March 2013, 14:32 WIB
Komentar : 1
Republika/ Tahta Aidilla
Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada)
Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada)

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK -- Jumlah partisipan yang aktif dalam pemilu saat ini dinilai sedikit, yakni sekitar 10-20 persen. Hal ini diungkapkan oleh Komisioner KPU, Ferry Kurnia Rizkyansah.

Menurutnya, saat ini banyak pemilih muda yang cenderung golput dalam proses demokrasi. Untuk itu, ia mengatakan perlu adanya upaya untuk merangkul para pemilih muda agar berpartisipasi dalam Pemilu 2014 nanti. 

"Tren partisipan sekarang menurun dan kecenderungan golput. Untuk itu harus diraih, jangan sampai suara itu lari ke partai yang ditengarai pihak-pihak tertentu," kata Ferry kepada wartawan dalam acara Pendidikan Pemilih Muda Indonesia di Universitas Indonesia, Ahad (3/3).

Ferry menambahkan, jumlah para pemilih muda di Indonesia hampir 30 juta lebih, yakni yang berusia 17-20 tahun. Para pemilih muda tersebut rata-rata berpendidikan minimal SMA. Sehingga, perhatian pada pemilih muda harus diberikan.

Selain itu, dengan memberikan pendidikan pemilih muda, diharapkan suara golput dapat diminimalisir.


Reporter : Dessy Suciati Saputri
Redaktur : Yudha Manggala P Putra
Seorang wanita masuk neraka karena mengikat seekor kucing tanpa memberinya makanan atau melepaskannya mencari makan dari serangga tanah((HR. Bukhari))
VIDEO TERKAIT:
  Isi Komentar Anda
Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi republika.co.id. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Republika.co.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.
avatar
Login sebagai:
Komentar

  VIDEO TERBARU
Ini Alasan Menteri Agama Terkait Lahirnya RUU PUB
JAKARTA -- Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin menjelaskan lima hal yang menjadi bagian dari lahirnya Rancangan Undang-Undang (RUU) Perlindungan Umat Beragama (PUB). Pertama,...