Monday, 2 Safar 1436 / 24 November 2014
find us on : 
  Login |  Register

Perayaan Tahun Baru, Sampah DKI Diperkirakan 'Menggunung'

Thursday, 27 December 2012, 20:17 WIB
Komentar : -1
Antara/Dewi Fajriani
Seorang anak meniup terompet 'Naga' jelang perayaan tahun baru pada Sabtu ( 31/12).
Seorang anak meniup terompet 'Naga' jelang perayaan tahun baru pada Sabtu ( 31/12).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dinas Kebersihan DKI Jakarta memperkirakan total volume sampah pada malam perayaan tahun baru 2013 nanti mencapai 6.615 ton.

"Bukan hanya itu, keesokan harinya, atau tepatnya tanggal 1 Januari 2013, volume sampah akan meningkat menjadi 7.245 ton," kata Kepala Dinas Kebersihan DKI Jakarta Unu Nurdin di Balai Kota, Jakarta Pusat, Kamis (27/12).

Menurut Unu, sampah-sampah tersebut akan terkonsentrasi di sejumlah tempat wisata yang menggelar pesta tahun baru. Misalnya Monas, Ancol, Taman Mini Indonesia Indah (TMII) dan Kota Tua.

"Selain itu, sampah juga akan terkonsentrasi di jalan-jalan protokol. Terlebih, akan digelarnya 'Car Free Night' di sepanjang Jl Jenderal Sudirman-Jl MH Thamrin-Jl Medan Merdeka Barat pada malam tahun baru nanti," ujar Unu.

Karena itu, Unu menyatakan pihaknya akan mengerahkan sebanyak 330 petugas, 20 orang pengawas, 22 truk sampah, empat 'street sweeper' dan enam unit 'toilet mobile' pada saat pelaksanaan 'Car Free Night' itu.

"Secara total, kami akan mengerahkan sebanyak 757 petugas kebersihan dan 102 unit truk sampah pada malam perayaan tahun baru di lokasi-lokasi wisata tersebut," tutur Unu.

Berdasarkan pengalaman tahun lalu, Unu menjelaskan volume sampah di Jakarta Pusat merupakan yang terbanyak, yaitu 1.948 ton pada 31 Desember 2011 dan naik menjadi 2.484 ton pada 1 Januari 2012.

Sementara itu, Jakarta Selatan 1.814 ton dan naik menjadi 1.851 ton, Jakarta Barat 1.209 ton dan naik menjadi 1.233 ton, Jakarta Timur 889 ton dan naik menjadi 907 ton, serta Jakarta Utara dengan volume sampah 755 ton dan naik menjadi 770 ton.

Redaktur : Karta Raharja Ucu
Sumber : Antara
Siapa yang mengambil hak orang lain walau sejengkal tanah akan dikalungkan hingga tujuh petala bumi(HR Bukhori-Muslim)
  Isi Komentar Anda
Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi republika.co.id. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Republika.co.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.
avatar
Login sebagai:
Komentar

  VIDEO TERBARU
Keren, Ada Aplikasi untuk Mengatur Usaha Kecil Anda
NEW YORK -- Baru-baru ini, jaringan kedai kopi Starbucks mengklaim unggul dalam pembayaran lewat aplikasi ponsel dengan 7 juta transaksi seminggu. Tetapi UKM...