Friday, 6 Safar 1436 / 28 November 2014
find us on : 
  Login |  Register

Jokowi Siap Tangguhkan Penetapan UMP DKI 2013

Monday, 26 November 2012, 18:56 WIB
Komentar : 1
  Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo berfoto bersama dengan warga usai membagikan Kartu Jakarta Sehat di kelurahan Marunda, Jakarta Utara, Senin (12/11).   (Adhi Wicaksono)
Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo berfoto bersama dengan warga usai membagikan Kartu Jakarta Sehat di kelurahan Marunda, Jakarta Utara, Senin (12/11). (Adhi Wicaksono)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI, Joko Widodo siap mengeluarkan penangguhan penetapan Upah Minimum Provinsi (UMP) 2013 terkait keberatan dari pengusaha. Namun, penangguhan yang dikeluarkan sesuai mekanisme peraturan perundang-undangan yang berlaku.

"Ya nggak apa-apa, kita (Pemprov DKI) akan mengeluarkan penangguhan, asalkan regulasi memenuhi syarat. Memang secara aturan diperbolehkan," kata Gubernur DKI, Joko Widodo kepada wartawan di Balaikota, Senin.

Jokowi menegaskan, penangguhan atau keringanan akan diberikan kepada para pengusaha yang tidak mampu membayar upah buruh sesuai hasil penetapan UMP DKI 2013.

"Silakan ajukan penangguhan, tapi kalau setelah dicek nggak memenuhi ya tidak akan dikeluarkan surat penangguhan,," tegasnya.

Ia menjelaskan, amanat UU No. 13 Tahun 2013 mengatur perihal hak perusahaan mengajukan keberatan karena tidak mampu membayar upah buruh sesuai penetapan UMP.

"Saya sebatas berwenang mengetok hasil penetapan UMP yang diusulkan Dewan Pengupahan DKI. Saya bertugas sebagai tukang kedok saja," jelasnya.

Redaktur : Hazliansyah
Sumber : Antara
Hadis riwayat Abu Musa ra., ia berkata: Aku pernah bertanya: Wahai Rasulullah, Islam manakah yang paling utama? Rasulullah saw. bersabda: Orang yang kaum muslimin selamat dari lisan dan tangannya. (HR Muslim)
  Isi Komentar Anda
Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi republika.co.id. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Republika.co.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.
avatar
Login sebagai:
Komentar

  VIDEO TERBARU
Kewajiban Muslim Penuhi Hak-Hak Binatang
JAKARTA -- Ketua Pemuliaan Lingkungan Hidup & SDA Majelis Ulama Indonesia (MUI) Dr. H. Hayu Prabowo menuturkan sudah menjadi kewajiban seorang Muslim untuk...