Sabtu, 1 Muharram 1436 / 25 Oktober 2014
find us on : 
  Login |  Register

Melongok "Rumah Saya", Tempat Singgah Jokowi

Rabu, 24 Oktober 2012, 10:39 WIB
Komentar : 1
Ismar Patrizki/Antara
Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo dan Basuki Tjahaya Purnama.
Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo dan Basuki Tjahaya Purnama.

REPUBLIKA.CO.ID, PASAR MINGGU -- Joko Widodo yang kini menjabat sebagai gubernur DKI Jakarta pernah tinggal selama enam bulan di rumah milik Rio Sarwono, rekan sekolahnya sesama warga Solo. Rumah yang terletak di Gang Arab Pejaten Timur tersebut diberi nama ‘Rumah Saya’ oleh pemiliknya.

Rumah yang biasa disewakan untuk pernikahan atau khitanan tersebut memiliki luas 5.000 meter persegi. Pekarangannya yang luas ditumbuhi oleh aneka tanaman dan bunga-bungaan.

Begitu duduk di bangku taman, gemericik air mancur sayup-sayup terdengar. “Mungkin karena adem dan tidak berisik, Pak Jokowi memilih tinggal di sini,” ujar penjaga rumah Hanafi (63 tahun).

Menurut Hanafi, banyak teman yang menawari rumah untuk tempat tinggal Jokowi. Bahkan, bisa dibilang lebih mewah dan berada di tengah kota. Namun, Jokowi lebih memilih tinggal di Gang Arab. 'Rumah Saya' menyatu dengan perumahan lain sehingga Jokowi bisa lebih dekat dengan rakyat. Pintu gerbangnya pun selalu dibuka untuk umum saat Jokowi ada.

Pagar depan 'Rumah Saya' berupa besi berwarna hijau tua. Sehingga siapapun yang lewat bisa melirik sekilas rumah dengan nuansa Jawa tersebut. Bangunan joglo terbuat dari jati asli. Begitu pula, furniture di dalamnya. Sementara lampu model gantung lawas menggelayut di atap menambah kesan kuno. Dua patung gandapura di antara jalan di halaman rumah mengesankan sangat sebagai rumah jawa.

Sementara, aneka tanaman tumbuh di taman. Bunga berwarna merah berada di pucuk-pucuk tanaman dadap. Tanaman kamboja berbunga putih dan merah. Pohon pisang kipas menambah hijau. Mendongak kepala, tiga pohon palem dengan tinggi lebih dari 10 meter melengkapi taman rumah yang teduh.


Reporter : Rina Tri Handayani
Redaktur : Hafidz Muftisany
Orang-orang yang beriman dan berhijrah serta berjihad di jalan Allah dengan harta, benda dan diri mereka, adalah lebih tinggi derajatnya di sisi Allah; dan itulah orang-orang yang mendapat kemenangan.(QS At Taubah ( 9:20))
  Isi Komentar Anda
Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi republika.co.id. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Republika.co.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.
avatar
Login sebagai:
Komentar

  VIDEO TERBARU
Hampir Sama dengan Sistem Pesawat, Pengemudi Truk Ini Bisa 'Selonjoran'
WASHINGTON DC -- Truk biasanya digunakan untuk mengantar barang jarak jauh. Kelelahan selalu menjadi kendala dari pengemudi truk. Akan hal itu Mercedes-Benz menciptakan...