Kamis, 17 Jumadil Akhir 1435 / 17 April 2014
find us on : 
  Login |  Register

Pengamat UI: Gaji Guru DKI Jakarta Tertinggi di Indonesia

Rabu, 15 Agustus 2012, 22:11 WIB
Komentar : 3
ilustrasi guru
ilustrasi guru

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dosen Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, Rissalwan Habdy Lubis, mengungkapkan pendapatan guru di DKI Jakarta tertinggi di seluruh Indonesia. Itu karena tunjangan yang didapat dari pemerintah provinsi setempat.

Rissalwan menuturkan hal tersebut pada diskusi bertemakan "Track Record Calon Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta yang Tak Terekspos" di Kampus Universitas Nasional, Jakarta Selatan, Rabu. Rissalwan mengatakan pendapatan yang tinggi dapat menunjang peningkatan kualitas pendidikan yang didukung Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

Ia menambahkan upaya peningkatan kualitas pendidikan tidak terlepas dari kebijakan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta yang dipimpin Fauzi Bowo. Wakil Kepala Sekolah Madrasah Tsanawiyah Negeri 23 Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Maman Chotaman, menyebutkan Pemprov DKI Jakarta memberikan tunjangan kinerja daerah bagi guru hingga Rp 3 juta per bulan dipotong pajak penghasilan 15 persen.

"Sementara Pegawai Negeri di bawah naungan Departemen Agama dapat tunjangan kesra Rp 1 juta dipotong ppn," ujar Maman menambahkan guru swasta juga mendapatkan bantuan khusus sebesar Rp 250 ribu per bulan.

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta juga memberikan tunjangan guru swasta yang telah mengantongi sertifikasi sebesar Rp 1,5 juta per bulan. Guru sekolah negeri senilai sebulan gaji yang diberikan sekaligus beberapa bulan.

Redaktur : Didi Purwadi
Sumber : Antara
Dan dirikanlah shalat dan tunaikan zakat. Dan apa-apa yang kamu usahakan dari kebaikan bagi dirimu, tentu kamu akan mendapat pahalanya pada sisi Allah. Sesungguhnya Allah Maha Melihat apa-apa yang kamu kerjakan. (QS.Al-Baqarah [2]:110)
  Isi Komentar Anda
Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi republika.co.id. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Republika.co.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.
avatar
Login sebagai:
Komentar
  bimbelprivat Kamis, 31 Januari 2013, 13:40
adil dan sesuai logika kah bila selisih gaji guru negeri dengan dosen swasta jauh??
  Dimas Riadi Jumat, 21 September 2012, 20:03
Saya guru honorer sekolah negeri di DKI Jakarta sudah 8 tahun masih digaji di bawah UMR. Tolong judulnya diperbaiki.