Jumat, 25 Jumadil Akhir 1435 / 25 April 2014
find us on : 
  Login |  Register

Berburu Kuliner Betawi, PRJ Aja...

Kamis, 21 Juni 2012, 06:13 WIB
Komentar : 0
Republika/Agung Supriyanto
Pedagang kerak telor. (ilustrasi)
Pedagang kerak telor. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, KEMAYORAN – Berkunjung ke Pekan Raya Jakarta (PRJ) 2012, merupakan kesempatan untuk menyicipi aneka kuliner khas Betawi yang sudah mulai langka di Jakarta.

Aneka makanan khas Betawi bisa anda temui di Stan Rumah Betawi milik Lembaga Kebudayaan Betawi. Lokasinya di halaman sebelah utara Hall D, Arena PRJ Kemayoran, Jakarta Pusat.

Di stan ini, pengunjung bisa menyicipi kuliner khas Betawi seperti kerak telor, bir pletok, dodol betawi, hingga telor goyang. Selain itu dijual juga tahu goreng yang harganya Rp 15 ribu per porsi. Nasi ulam Rp 25 ribu, bubur ase Rp 15 ribu dan laksa Rp 20 ribu per porsi.

Sedangkan dodol Betawi Rp 20 ribu dan bir pletok Rp 25 ribu per botol. Masih di sekitar Rumah Betawi dapat ditemukan makanan khas kue bangkit, telor goyang, akar kelapa, rengginan, yang di jual hanya kisaran harga Rp 15 ribu saja.

“Kalau bukan di PRJ, kapan lagi bisa menyicipi nasi ulam atau akar kelapa. Sehari-hari kan cukup langka,” kata Diani Ekawati (28 tahun), pengunjung asal Pluit, Jakarta Utara.

Para pedagang kerak telor turut meramaikan PRJ 2012. Mereka banyak menjajakan daganganya di kawasan Gambir Expo dan di sekitar Hall E Area PRJ Kemayoran. Dikatakan oleh Direktur Marketing PT JIExpo, Ralph Scheuneman, tahun ini penyelenggara PRJ menempatkan sebanyak 35 titik pedagang kerak telor yang dikoordinir oleh Pemprov DKI Jakarta.

Sebanyak 35 titik lokasi wisata kuliner keraktelor telah diisi oleh pedagang keraktelor secara bergantian, sehingga terciptalah pemerataan diantara para pedagang. "Apabila semua pedagang kerak telor ditampung ke dalam Arena PRJ jelas tidak mungkin, karena tempatnya terbatas. Namun mereka tetap diperbolehkan berjualan di luar Arena Pekan Raya Jakarta Secara tertib," ujarnya, Rabu (20/6).

Kerak telor yang dijajakan di dalam Arena PRJ Kemayoran ini dipatok dengan harga yang sangat terjangkau oleh kantong kebanyakan orang. Kerak telor yang berbahan telor ayam dijual seharga Rp 15 ribu, dan kerak telor yang berbahan telor bebek dijual seharga Rp 20 ribu.

Reporter : Ira Sasmita
Redaktur : Hafidz Muftisany
Buta yang paling buruk ialah buta hati.((HR. Asysyihaab))
  Isi Komentar Anda
Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi republika.co.id. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Republika.co.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.
avatar
Login sebagai:
Komentar

  VIDEO TERBARU
Jumlah Pengunjung Meningkat, Ancol Terus Berbenah
JAKARTA -- Sebagian besar warga Jakarta kebanyakan habiskan libur panjang keluar kota. Meski begitu, wisata pantai Ibu Kota tak kehilangan pesonannya. Seperti pantai di...