Jumat, 30 Zulhijjah 1435 / 24 Oktober 2014
find us on : 
  Login |  Register

Bandara Soeta Kelebihan Beban

Minggu, 06 Mei 2012, 22:51 WIB
Komentar : 1
Republika/Wihdan Hidayat
Pengunjung memadati terminal keberangkatan 1B, Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Cengkareng, Banten, Ahad (6/5).
Pengunjung memadati terminal keberangkatan 1B, Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Cengkareng, Banten, Ahad (6/5).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Populasi ideal penumpang di Bandara Soekarno-Hatta (BSH) hanya sekitar 22 juta orang per tahun.

Kepala Otoritas BSH, Adi Kandrio Dayanun, mengungkapkan angka tersebut jauh dari realisasi pertumbuhan penumpang bandara yang pada 2011 ini mencapai sekitar 56 juta penumpang.

"Bandara ini sebenarnya hanya untuk 22 juta penumpang. Tapi 2010 sudah 51 juta dan 2011 sudah 56 juta. Ini enggak bagus buat pelayanan," ungkap Adi saat dihubungi, Ahad (6/5).

Kepadatan penumpang tersebut, tutur Adi, membuat terjadinya penumpukan pada jam-jam sibuk. Oleh karena itu, ia mengungkapkan pihaknya telah melakukan redistribusi jam penerbangan. Buat penerbangan yang menumpuk di jam 17.00, 18.00, hingga 19.00, maka digeser ke jam setelahnya.

Selain itu, Adi menegaskan pihak Angkasa Pura tengah melakukan pembangunan fasilitas baru seperti Terminal 3 untuk menjawab tuntutan penumpang. Menurutnya, pembangunan tersebut akan difokuskan kepada tiga faktor, yakni safety, services, dan compliant. "Jangan lihat terminalnya saja, kita lihat bisnis ini juga dari sisi pelayanan dan safety. Bukan yang lain," ujarnya.

Airports Council International, asosiasi bandara internasional yang berbasis di Jenewa, telah merangking 30 bandara di dunia dengan raihan pergerakan penumpang terbesar dan pertumbuhan penumpang tertinggi sepanjang 2011. Hasilnya, BSH di posisi pertama untuk pertumbuhan pergerakan penumpang dan di posisi 12 untuk penumpang udara yang melaluinya.



Reporter : A Syalaby Ichsan
Redaktur : Chairul Akhmad
Sesungguhnya Kami telah mengutus (Muhammad) dengan kebenaran; sebagai pembawa berita gembira dan pemberi peringatan, dan kamu tidak akan diminta (pertanggungjawaban) tentang penghuni-penghuni neraka. ((QS.Al-Baqarah [2]:119))
  Isi Komentar Anda
Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi republika.co.id. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Republika.co.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.
avatar
Login sebagai:
Komentar

  VIDEO TERBARU
FPI Jenguk Kapolsek Metro Gambir
JAKARTA --  Kapolsek Metro Gambir sempat menjadi korban aksi Front Pembela Islam (FPI) saat demo di depan Balaikota pada tanggal tiga Oktober silam....