Sabtu, 1 Muharram 1436 / 25 Oktober 2014
find us on : 
  Login |  Register

Jakarta Bebas 3 in 1 Selama Tiga Hari

Jumat, 06 April 2012, 10:30 WIB
Komentar : 1

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya membebaskan penerapan aturan 3 in 1 (Three in One) selama tiga hari sejak hari ini, Jumat (6/4) hingga Ahad (8/4). Aturan tersebut kembali berlaku seperti biasa pada Senin (9/4).

Petugas Traffic Management Center (TMC) Polda Metro Jaya, Aiptu Kasno, menjelaskan, pembebasan penerapan aturan 3 in 1 itu didasarkan pada Keputusan Gubernur DKI Jakarta No 4104/2003 Tanggal 23 Desember 2003 yang menetapkan pemberlakuan 3 in 1 dimulai Senin hingga Jumat pukul 07.00-10.00 dan pukul 16.30-19.00 WIB.

Aturan tersebut, menurut Kasno, tidak berlaku pada hari Sabtu-Minggu dan hari libur nasional. "Jadi, hari Jumat kan libur nasional, sedangkan Sabtu dan Minggu memang tidak berlaku, sehingga peniadaan aturan 3 in 1 berlaku selama tiga hari dan Senin (9/4) mulai berlaku kembali," tutur Kasno kepada Republika.

Oleh karena itu, Kasno mengatakan, pengendara kendaraan bermotor yang terdiri atas kurang dari tiga orang tidak perlu khawatir melintas di sejumlah jalan yang biasanya diberlakukan aturan 3 in 1. Mereka, ungkap Kasno, dipersilakan melintasi ruas jalan tersebut selama tiga hari tanpa perlu khawatir terkena aturan 3 in 1.

Adapun kawasan 3 in 1 berlaku di sepanjang ruas jalan berikut ini:
1.   Jalan Sisimangaraja, jalur cepat dan jalur lambat.
2.   Jalan Jenderal Sudirman, jalur cepat dan jalur lambat.
3.   Jalan MH Thamrin, jalur cepat dan jalur lambat.
4.   Jalan Medan Merdeka Barat.
5.   Jalan Majapahit.
6.   Jalan Gajah Mada.
7.   Jalan Pintu Besar Selatan.
8.   Jalan Pintu Besar Utara.
9.   Jalan Hayam Wuruk.
10. Sebagian Jalan Jenderal Gatot Subroto antara persimpangan Jalan Gatot Subroto-Jalan Gerbang Pemuda (Balai Sidang Senayan) sampai dengan persimpangan Jalan HR Rasuna Said-Jalan Jenderal Gatot Subroto pada jalan umum bukan tol.

Reporter : Asep Wijaya
Redaktur : Djibril Muhammad
Hati orang yang sudah tua dapat menjadi lupa akan usianya bila ia terlalu mencintai hidup dan harta bendanya(HR Muslim)
  Isi Komentar Anda
Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi republika.co.id. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Republika.co.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.
avatar
Login sebagai:
Komentar

  VIDEO TERBARU
Hampir Sama dengan Sistem Pesawat, Pengemudi Truk Ini Bisa 'Selonjoran'
WASHINGTON DC -- Truk biasanya digunakan untuk mengantar barang jarak jauh. Kelelahan selalu menjadi kendala dari pengemudi truk. Akan hal itu Mercedes-Benz menciptakan...