Sabtu 14 Oct 2017 13:30 WIB

Jangan Remehkan Pusing Terlalu Lama

Rep: Eko Supriyadi/ Red: Dwi Murdaningsih
Penderita pusing.
Foto: AP Photo/Lee Jin-man
Penderita pusing.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --Bagi sebagian masyarakat, mungkin mengalami pusing merupakan hal yang biasa. Namun, jika pusing yang dialami terjadi selama lebih dari satu bulan, maka Anda patut memeriksakan ke dokter. Sebab, bisa jadi itu adalah gejala tumor otak.

''Pusing jangan diremehkan, terutama pagi hari, harus hati-hati. Ini alarm pertama,'' kata dr Agus C Anab, Sp.BS, dari Rumah Sakit Nasional Surabaya, Jumat (13/10).

Menurut Agus, selain pusing, gangguan mata kabur juga menjadi gejala tumor otak. Mata kabur bisa disebabkan gangguan dalam syaraf mata.

Oleh karena itu, ia menganjurkan agar masyarakat yang memiliki keluhan pusing selama satu bulan dan gangguan mata kabur, segera mengecek ke dokter. Minimal discan menggunakan MRI.

''Ini banyak yang datang terlambat, sudah gangguan mata bahkan sudah tidak bisa melihat,'' kata Agus.

Sebab, kata dia, syaraf punya keterbatasan, kalau tertekan lama, akan susah kembali normal. Kebanyakan masyarakat baru memeriksakan kondisinya setelah mengalami mual, kejang, melemahnya anggota badan.

Pemeriksaan untuk tumor bisa menggunakan juga Patologi Anatomi. Tingkat keakuratan metode ini sebesar 95 persen. Sementara akurasi dari MRI 60 persen sampai 70 persen.

Apalagi, lanjut Agus, tumor tidak hanya terjadi pada orang dewasa. Anak kecil juga berpotensi terkena tumor. Hanya saja, yang paling berisiko adalah orang yang berumur 40 tahun ke atas.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement