Rabu, 29 Zulqaidah 1435 / 24 September 2014
find us on : 
  Login |  Register

BNN: Akil Mochtar Negatif Narkoba

Selasa, 08 Oktober 2013, 13:22 WIB
Komentar : 3
 Ketua Mahkamah Konstitusi M. Akil Mochtar usai sidang pleno khusus pengucapan sumpah jabatan Ketua Mahkamah Konstitusi di Gedung Mahkamah Konstitusi, Jakarta, Selasa (20/8). (Republika/Adhi Wicaksono)
Ketua Mahkamah Konstitusi M. Akil Mochtar usai sidang pleno khusus pengucapan sumpah jabatan Ketua Mahkamah Konstitusi di Gedung Mahkamah Konstitusi, Jakarta, Selasa (20/8). (Republika/Adhi Wicaksono)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Uji Narkoba dari rambut dan urine yang dilakukan kepada mantan ketua Mahkamah Konstisui (MK) Akil Mochtar menunjukan hasil negatif.

Badan Narkotika Nasional (BNN) yang berwenang melakukan tes tersebut mengungkapkan, tidak ditemukan zat narkotika dalam tubuh Akil.

"Dari uji di laboratorium kami, hasilnya negatif," ujar Kepala Humas BNN Kombes Sumirat Dwiyanto dalam jumpa pers di kantornya Selasa, (8/10).

Sumirat mengatakan, meski pada faktanya ditemukan dua jenis Narkoba di ruangan Akil, namun hasil tes mengatakan lain. Menurut dia, ada beberapa faktor yang mengiringi hasil negatif tersebut.

Bisa saja Akil memang bukan pengguna atau bahkan pecandu narkoba. Atau bisa juga, hasil tes tidak menjangkau keakuratan adanya indikasi Akil pengguna.

Faktor kedua ini, kata Sumirat, dapat disebabkan karena tubuh Akil memiliki metabolisme yang cepat sehingga zat adiktif dalam tubuhnya sudah terbuang. Kemungkinan lain, jangka Akil menggunakan narkoba sudah lama.

Atas hasil ini, BNN tetap akan berkoordinasi dengan MK terkait langkah selanjutnya. Seperti diketahui, Akil, tersangka dugaan penerimaan suap sengketa Pilkada Lebak, banten ditangkap KPK Kamis (4/10). Sehari selanjutnya, KPK melakukan penggeledahan demi kepentingan lidik lebih lanjut di ruangannya, di Gedung MK Jalan Merdeka Barat, Jakarta Pusat.

Dalam penggeledahan, ditemukan narkoba jenis ganja sebanyak dua linting dan sabu tablet dua butir. Sejak Sabtu, (5/10) BNN melakukan pemeriksaan terhadap narkoba itu. Kemudian, esoknya BNN melakukan tes urin dan rambut kepada Akil.

Reporter : Gilang Akbar Prambadi
Redaktur : Mansyur Faqih
Hati-hatilah terhadap dusta. Sesungguhnya dusta membawa kepada kejahatan dan kejahatan membawa kepada neraka. Selama seorang dusta dan selalu memilih dusta dia tercatat di sisi Allah sebagai seorang pendusta (pembohong)((HR. Bukhari))
FOTO TERKAIT:
VIDEO TERKAIT:
  Isi Komentar Anda
Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi republika.co.id. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Republika.co.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.
avatar
Login sebagai:
Komentar

  VIDEO TERBARU
Berperan Sebagai Djamin Ginting, Vino Nongkrong di Lapo
 JAKARTA -- Demi film '3 Nafas Likas', Vino G Bastian rela nongkrong di lapo. Ia mengaku mengunjungi lapo guna mengetahui dialek Karo. Di film...

Berita Lainnya

KPK Sita 15 Boks Dokumen dari Kantor Adik Atut

Pengadilan Tinggi Tolak Banding Zulkarnaen Djabar

Refly Harun Gembira Akil Mochtar Ditangkap