Saturday, 8 Muharram 1436 / 01 November 2014
find us on : 
  Login |  Register

Hari Ini, Putusan Sela Perkara Cebongan

Friday, 28 June 2013, 08:05 WIB
Komentar : 2
ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/Koz/Spt/13.
Lima dari 12 terdakwa anggota Kopassus Grup II Kandang Menjangan Kartasura yang terlibat kasus penyerangan tahanan Lapas 2B Cebongan menjalani sidang militer lanjutan di Pengadilan Militer II-11 Yogyakarta, Bantul, Yogyakarta, Senin (24/6).
Lima dari 12 terdakwa anggota Kopassus Grup II Kandang Menjangan Kartasura yang terlibat kasus penyerangan tahanan Lapas 2B Cebongan menjalani sidang militer lanjutan di Pengadilan Militer II-11 Yogyakarta, Bantul, Yogyakarta, Senin (24/6).

REPUBLIKA.CO.ID,BANTUL -- Sidang dengan agenda pembacaan putusan sela atas eksepsi  penyerangan Lembaga Pemasyarakatan Klas 2B Sleman diagendakan pada Jumat (28/6).

Sebelumnya, Hakim Ketua Letkol Chk Joko Sasmito menyatakan sidang akan ditunda setelah mendengarkan tanggapan eksepsi dari oditur militer. 

Dalam sidang sebelumnya, Oditur Militer Letkol Budiharjo, mengatakan eksepsi penasehat hukum terdakwa harus ditolak. Pasalnya, dalam sidang pembacaan tanggapan eksepsi, oditur menilai bantahan dakwaan penasehat hukum kabur.

Menurutnya, eksepsi penasehat hukum terdakwa tidak berdasar karena uraian yang disampaikan merupakan uraian perbuatan materiil.

"Terkait dakwaan oditur, apa yang disampaikan oleh penasehat hukum lebih bersifat mengutip. Syarat-syarat unsur dakwaan, merupakan uraian yang benar, yang disampaikan penasehat hukum lebih bersifat mengutip," katanya. 

Sementara itu, Penasehat Hukum terdakwa, Kolonel Rokhmat, menyatakan tetap pada eksepsi atas dakwaan pembunuhan berencana. "Kami tetap pada eksepsi," katanya.

Ke-12 anggota Kopassus Grup II Kandang Menjangan Kartosuro terkena dakwaan pasal 340 KUHP yang mengatur tentang pembunuhan berencana dan Pasal 338 tentang pembunuhan.

Selain itu, para tersangka terjerat pasal 351 yang mengatur tentang penganiayaan dan Pasal 103 KUHP Militer tentang perbuatan tidak mentaati perintah atasan. 

Reporter : Dessy Suciati Saputri
Redaktur : A.Syalaby Ichsan
Salah satu di antara kalian tidak beriman sebelum ia mencintai saudaranya (atau beliau bersabda: tetangganya) seperti mencintai diri sendiri. (HR Muslim)
  Isi Komentar Anda
Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi republika.co.id. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Republika.co.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.
avatar
Login sebagai:
Komentar

  VIDEO TERBARU
Ini Pembahasan Presiden Rwanda dan Ketua DPD RI
JAKARTA --  Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI, Irman Gusman kedatangan Presiden Rwanda, Paul Kagame di Komplek Parlemen Senayan, Jumat (31/10). Ada beberapa hal...