Jumat, 28 Desember 2012, 16:43 WIB

Partai Golkar 'Juara Umum' Korupsi Politik 2012

Rep: Muhammad Hafil/ Red: Abdullah Sammy
Partai Golkar
Partai Golkar

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Indonesian Corruption Watch (ICW) , Jumat (28/12), merilis daftar kader  partai politik yang terlibat kasus korupsi pada tahun ini . Partai Golkar 'mengungguli' Partai Demokrat sebagai partai yang kadernya paling banyak terlibat korupsi .

"Dari catatan tersebut Golkar menempati urutan pertama yang paling banyak terjerat kasus korupsi (14 kader). Di posisi kedua, Partai Demokrat (10) dan disusul PAN dan PDIP yang masing-masing 8 orang," kata Peneliti Bidang Korupsi Politik ICW Apung Widadi dalam keterangan persnya di Jakarta, Jumat (28/12).

Posisi   keempat  diduduki oleh  PKB (4 kader), Gerindra (3 kader) PKS dan PPP (2 kader).  Kader yang terlibat adalah mereka yang duduk di eksekutif dan legislatif.

Untuk eksekutif terdiri dari Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) aktif, Andi Mallarangeng dari Partai Demokrat yang menjadi tersangka kasus Hambalang. Sedangkan lainnya, sebanyak 24 orang kepala daerah dari berbagai partai politik yang ditangani oleh KPK, Kejaksaan, maupun Polri. Sedangkan untuk legislatif, mereka terdiri dari 25 orang anggota DPR dan DPRD.