Monday, 20 Zulqaidah 1435 / 15 September 2014
find us on : 
  Login |  Register

Kasasi Ditolak, Cirus Tetap Disel 5 Tahun

Monday, 25 June 2012, 16:39 WIB
Komentar : 0
ANTARA
Cirus Sinaga
Cirus Sinaga

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Majelis Hakim Mahkamah Agung (MA), menolak permohonan kasasi Jaksa Cirus Sinaga. Karena itu, hukuman yang diterima terpidana yang merekayasa dakwaan Gayus Tambunan menjadi berkekuatan hukum tetap (inkrah).

Pada putusan tersebut, Majelis Hakim MA yang terdiri dari Djoko Sarwoko, Krisna Harahap, dan Abdul Latif memiliki opini bulat. "Kami menolak dengan suara bulat permohonan kasasi Cirus," ungkap Krisna saat dikonfirmasi wartawan di kantornya, Senin (25/6).

Alhasil, Cirus harus tetap mendekam di rumah tahanan selama lima tahun ditambah denda Rp 150 juta dengan subsider tiga bulan kurungan penjara. Hukuman tersebut sesuai dengan putusan Judex Factice.

Alasan Majelis Hakim MA, kata  Krisna, Cirus terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana. Selain itu, Cirus juga merintangi secara tidak langsung dari penyidikan, penuntutan, dan pemeriksaan dalam sidang perkara korupsi pajak Gayus Tambunan.

"Cirus dengan sengaja merekayasa dakwaan terhadap Gayus berdasarkan Pasal 372 KUHP dan bukan pasal-pasal tindak pidana korupsi," ungkap Krisna.

Reporter : Ahmad Reza
Redaktur : Ajeng Ritzki Pitakasari
Rasulullah SAW bersabda:"Tidak akan masuk neraka orang yang shalat sebelum terbitnya matahari dan sebelum terbenamnya, yakni shalat subuh dan ashar."( HR Muslim)
  Isi Komentar Anda
Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi republika.co.id. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Republika.co.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.
avatar
Login sebagai:
Komentar

  VIDEO TERBARU
Menikah Harus Sah Menurut Agama Masing-Masing
 JAKARTA -- Masalah undang-undang pernikahan menurut Meneger Nasution sudah jelas. Ia juga menjelaskan menurut para ulama, pernikahan harus sah secara agamanya masing-masing. Berikut video...