Jumat 22 Sep 2017 19:09 WIB

SM Pertamina Catat Kemenangan Perdana

Rep: Fitriyanto/ Red: Israr Itah
Satria Muda Pertamina
Foto: Satria Muda
Satria Muda Pertamina

REPUBLIKA.CO.ID, ⁠⁠⁠⁠⁠JAKARTA — Kemenangan perdana akhirnya berhasil ditorehkan tim Satria Muda (SM) Pertamina di ajang Merlion Cup 2017. Setelah menelan dua kali kekalahan pada laga awal, Jumat (22/9) di OCBC Arena Hall Singapura, SM Pertamina berhasil mengalahkan NLEX-SCTEX dengan skor 104- 90 (58-44).

Berbeda dengan di dua laga awal di mana pelatih Youbel Sondakh, lebih sering memainkan tiga pemain asingnya. Pada laga kali ini, terlihat hanya dua pemain asing yang dilibatkan dalam setiap kuarter berjalan. Peran pemain lokal lebih dimaksimalkan dalam laga kali ini.

Youbel menurunkan lima pemain utama Garry Jacobs, Shawn Taggart, Audy Bagastyo, Vamiga Michel dan Kevin Jonas Sitorus. Hasilnya di kuarter pertama ini Vamiga Michel dkk berhasil menggunguli tim asal Filipina 27-24.

Kuarter kedua, Youbel yang bergantian memainkan Dior Lowhorn dan Taggart kembali tampil dominan, kepercayaan diri pemain lokal juga mulai terbangun dengan sumbangan angka yang mereka berikan. Hasilnya SM Pertamina berhasil mengemas 31 angka, sebaliknya lawan hanya 20 angka. Hal ini membuat SM Pertamina menyudahi separuh pertandingan dengan keunggulan 58-44.

Pertandingan ketat terjadi di kuarter tiga, dimana kedua tim saling bergantian mencetak angka. Meski NLEV-SCTEX mampu mencetak 25 ankga dan SM Pertamina 23 angka , namun akhir kuarter ini masih ungtuk keunggulan SM Pertamina dengan skor 81-69. Kuarter akhir masih menjadi milik SM Pertamina dengan tambahan 23 angka dan lawan hanya 21, SM Pertamina akhirnya menyelesaikan pertandingan dengan kemenangan 104-90.

Usai pertandingan melalui pesan singkatnya kepada Republika.co.id, Youbel Sondakh mengungkapkan kali kali ini pemain lokal mampu berkontribusi, baik dari perolehan angka maupun melalui rebound yang bagus.

"Kali ini, saya memang memberi kesempatan bertandingan lebih banyak bagi pemain lokal kita, dan ternyata mereka dapat menunjukan permainan dengan bagus, dibandingkan dua laga awal sebelumnya," ujar suami dari mantan atlet karate Jenny Zeannet.

Garry Jacobs menjadi pencetak angka terbanyak 33 angka, termasuk 18 angka didapat dari hasil tembakan tiga angka. Tembakan tiga angka pemain berambut gimbal ini berhasil enam kali dari sembilan percobaan. Jacobs juga berhasil meleas lima assist pada pertandingan kali ini. Usai pertandingan Jacobs menyatakan kali ini tim bermain lebih solid, Chemistry antar pemain juga lebih bagus dibanding gim sebelumnya.

Pemain asing SM Pertamina lainnya, Shawn Taggart mengoleksi 29 angka dan 10 rebound, sementara Lowhor yang hanya bermain 5;38 menit berkontribusi dengan 8 angka. Pemain local yang paling bersinar adalah Kevin Jonas Sitorus yang menyumbang 12 angka termasuk 2 kali dari tembakan tga angkanya.

Muhammad Rizal Falconi kali ini juga tampil lebih percaya diri. Tembakan dua angka dari dalam paint area menyumbang enam angka, diikuti Hardianus Lakudu dan Juan Lauren Kokodiputra sama-sama menyumbang lima angka. Vamiga Michel dan Gunawan masing-masing menyumbang tiga angka. Di kubu lawan Jason Perkins menjadi pencetak angka terbanyak 32 angka dan 15 rebound, diikuti Byron Villarias 26 angka.

SM Pertamina akan melanjutakan pertandingan pada Ahad (24/9) dan akan menghadapi tim asal Taiwan Yulon Luxgen Dinos. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement