Jumat, 7 Muharram 1436 / 31 Oktober 2014
find us on : 
  Login |  Register

Angie Ditahan, Pengacara Persoalkan Alat Bukti

Jumat, 27 April 2012, 19:16 WIB
Komentar : 1
Antara/Puspa Perwitasari
Anggota DPR RI, Angelina Sondakh, memberikan kesaksian dalam sidang lanjutan kasus dugaan suap proyek Wisma Atlet dengan terdakwa Muhammad Nazaruddin di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi, Jakarta, Rabu (15/2).
Anggota DPR RI, Angelina Sondakh, memberikan kesaksian dalam sidang lanjutan kasus dugaan suap proyek Wisma Atlet dengan terdakwa Muhammad Nazaruddin di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi, Jakarta, Rabu (15/2).

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Tersangka kasus korupsi wisma atlet dan proyek kemendikbud, Angelina Sondakh, ditahan penyidik KPK, Jumat (27/4). Pengacara Angie, Nasrullah, mengaku tidak ditunjukkan dua alat bukti yang menjadi alasan penetapan Angie sebagai tersangka.

"Sama sekali tidak ditunjukkan alat bukti apa yang dikaitkan ke Angie,"ungkap Nasrullah di kantor KPK, Jumat (27/4). Oleh karena itu, Nasrullah mengungkapkan penahanan tersebut terkesan terburu-buru.

Menurutnya, hal tersebut bisa dilihat ketika penyidik mengeluarkan surat perintah penyidikan pada 19 April 2012. Namun, penetapan tersangka sudah dilakukan sejak tiga bulan lalu.

Angie diperiksa dengan 31 pertanyaan. Nasrullah menjelaskan penyidik masih bertanya seputar tugasnya sebagai anggota DPR. Kemudian, mekanisme pembahasan APBN dan APBN-P. Angie pun ditanya tentang tempat tinggal dan masa kerja Angie di DPR. "Jadi belum masuk materi perkara sedikit pun,"ungkapnya.

Nasrullah mengaku sudah mempertanyakan masalah kemungkinan penahanan melalui surat kepada penyidik KPK. Menurutnya, KUHAP mengungkapkan bahwa alasan penahanan bahwa harus ada keadaan-keadaan untuk menimbulkan kekhawatiran, lari, mengulangi tindak pidana, dan menghilangkan barang bukti. Namun, ujarnya, sampai sekarang surat tersebut tidak berbalas.

Lebih lanjut, Nasrullah mengungkapkan seharusnya penyidik tidak menahan Angie dengan alasan kemanusiaan.  "Angie ini punya anak 2 tahun yang tidak bisa jauh dari ibunya. Itu anak yatim lho,"ujarnya. Setelah ibunya ditahan di KPK, tiga anak Angie, Zahwa, Aliyah, dan Keanu, langsung menjenguk ibunya di rutan salemba.




Reporter : A.Syalaby Ichsan
Redaktur : Taufik Rachman
Laknat Allah bagi penyuap dan yang menerima suap((HR Ahmad, Abu Dawud dan at-Tirmidzi))
  Isi Komentar Anda
Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi republika.co.id. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Republika.co.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.
avatar
Login sebagai:
Komentar

  VIDEO TERBARU
Ini Pembahasan Presiden Rwanda dan Ketua DPD RI
JAKARTA --  Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI, Irman Gusman kedatangan Presiden Rwanda, Paul Kagame di Komplek Parlemen Senayan, Jumat (31/10). Ada beberapa hal...