Selasa, 1 Rabiul Awwal 1436 / 23 Desember 2014
find us on : 
  Login |  Register

KPK Teliti Proses Penggunaan Anggaran di DPR

Senin, 12 Maret 2012, 12:39 WIB
Komentar : 1
Gedung KPK
Gedung KPK

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Banyaknya kasus korupsi yang terkait anggaran di DPR membuat Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) turun tangan. Lembaga adhoc itu tengah meneliti proses penggunaan anggaran di DPR.

"Ya kita sedang melakukan penelitian tentang segala sesuatunya yang terkait dengan anggaran DPR. Mulai dari perencanaan hingga penggunaannya," kata Wakil Ketua KPK, Zulkarnaen, saat dihubungi, Senin (12/3).

Zulkarnaen menjelaskan, proses penggunaan anggaran di DPR harus dibenahi. Harus ada pembenahan sistem, kata dia, yang bisa mencegah munculnya tindak pidana korupsi dari sektor anggaran tersebut. "Perbaikan harus lebih fokus ke sistem," kata Zulkarnaen.

Sejumlah kasus korupsi yang ditangani KPK terkait dengan proses penggunaan anggaran di DPR. Di antaranya, adalah kasus suap Wisma Atlet SEA Games, kasus suap proyek Percepatan Pembangunan Infrastruktur Daerah Transmihrasi (PPIDT) di Kemenakertrans, dan kasus suap Dana Percepatan Pembangunan Infrastruktur Daerah (DPPID).

Kerugian negara yang ditimbulkan dari kasus-kasus itu terhitung besar. Hal ini membuat KPK harus bergerak untuk mencegah terulangnya kebocoran pada penggunaan anggaran.

Reporter : Muhammad Hafil
Redaktur : Dewi Mardiani
Dan orang-orang yang beriman serta beramal saleh, mereka itu penghuni surga, mereka kekal di dalamnya. (QS Al-Baqarah [2]:82)
  Isi Komentar Anda
Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi republika.co.id. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Republika.co.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.
avatar
Login sebagai:
Komentar

  VIDEO TERBARU
Irman Gusman: Nilai Pemerintahan Jokowi A Minus
AKARTA — Ketua Dewan Perwakilan Daerah, Irman Gusman menilai pemerintahan Jokowi dan Jusuf Kalla sudah berlangsung baik. Meski menurutnya banyak kebijakan yang diambil...