Minggu, 12 Ramadhan 1439 / 27 Mei 2018

Minggu, 12 Ramadhan 1439 / 27 Mei 2018

Banjir Bandang Terjang Sejumlah Kecamatan di Cianjur

Ahad 08 April 2018 11:00 WIB

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Andi Nur Aminah

Banjir bandang/ilustrasi

Banjir bandang/ilustrasi

Foto: Antara
Diiperkirakan ada sekitar ratusan rumah yang terdampak banjir bandang

REPUBLIKA.CO.ID, CIANJUR -- Bencana banjir bandang menerjang sejumlah kecamatan di Kabupaten Cianjur Sabtu (7/4) malam. Dampaknya permukiman warga sempat terendam banjir akibat meluapnya Sungai Cianjur. Keterangan yang diperoleh menyebutkan bencana tersebut terjadi setelah wilayah Cianjur diguyur hujan deras sejak Sabtu sore. Hal ini menyebabkan aliran Sungai Cianjur meluap. "Banjir dilaporkan terjadi di beberapa kecamatan mulai Cipanas, Pacet, Cugenang hingga Cianjur Kota," terang Wakil Bupati Cianjur Herman Suherman kepada wartawan Ahad (8/4).

Pada Sabtu malam pun Wabup Cianjur bersama Polres Cianjur dan unsur muspida lainnya langsung meninjau lokasi bencana terutama sejumlah jalan yang digenangi banjir. Menurut Herman, banjir terjadi setelah wilayah Cianjur diguyur hujan deras selama beberapa jam. Dampaknya air sungai meluap dan mengenai jalan dan permukiman warga.

Herman mengungkapkan, diperkirakan ada sekitar ratusan rumah yang terdampak banjir bandang. Saat ini petugas gabungan sudah dikerahkan ke lokasi bencana untuk melakukan penanganan dan membantu warga yang terdampak bencana. Petugas yang dikerahkan berasal dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Satpol PP, dan lain sebagainya.

Pada Ahad ini Herman mengatakan, petugas akan membantu warga membersihkan lumpur yang masuk ke permukiman warga. Herman mengatakan, bencana banjir ini selain diakibatkan cuaca dipengaruhi pula oleh faktor lainnya. Di antaranya kurangnya kesadaran warga dalam menjaga kebersihan dengan membuang sampah sembarangan, lahan gundul, dan penyempitan aliran sungai.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES