Tuesday, 7 Ramadhan 1439 / 22 May 2018

Tuesday, 7 Ramadhan 1439 / 22 May 2018

Kasus Kanker di RSUP Dr Sardjito Tertinggi

Kamis 01 February 2018 11:56 WIB

Rep: Neni Ridarineni/ Red: Gita Amanda

Peduli kanker payudara.(ilustrasi)

Peduli kanker payudara.(ilustrasi)

Foto: ROL/Nursari Indah M
Jenis kanker yang terbanyak diderita pasien adalah kanker payudara.

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Saat ini kasus penyakit kanker di RSUP Dr Sardjito menduduki peringkat tertinggi. Ini menggeser penyakit jantung yang sebelumnya tercatat tertinggi di rumah sakit tesebut. Jenis kanker yang terbanyak diderita pasien adalah kanker payudara.

Menurut Direktur Utama RSUP Dr Sardjito Darwito meningkatnya kasus penyakit kanker ada berbagai penyebab antara lain pola hidup dan pola makan yang tidak baik misalnya penggunaan hormon, banyak mengonsumsi lemak tetapi kurang gerak (olah raga). Selain itu mengonsumsi makanan yang mengandung karsinogenik, di samping juga karena genetik.

Kepala Seksi Pelayanan Medis Rawat Jalan RSUP Dr Sardjito Heru Satria Gama mengatakan kunjungan pasien kanker rawat jalan di RSUP Dr Sardjito tercatat sekitar 200-300 orang per hari. Sedangkan kunjungan pasien jantung rawat jalan RSUP Dr Sardjito 100-120 orang per hari. Mereka kebanyakan berasal dari bagian selatan atau timur seperti Purworejo, Cilacap, Banyumas, Wonogiri, Pacitan.

"Pasien yang menderita kanker di Sardjito khususnya dan di Indonesia umumnya berusia 50 tahun. Kalau penyebabnya faktor keturunan biasanya usianya lebih muda," kata Darwito kepada Republika.co.id. Salah satu upaya yang penting untuk mengatasi permasalahan kanker di Indonesia adalah dengan menerapkan pola hidup sehat.

Sebenarnya sebanyak 43 persen dari seluruh kasus kanker dapat dicegah dengan menerapkan pola hidup sehat, sedangkan 30 persen dari kasus kanker dapat disembuhkan bila ditemukan dan diobati pada keadaan dini. RSUP DrSardjito berusaha menjangkau masyarakat secara kolektif maupun individual untuk menjalankan peranannya masing-masing dalam rangka mengurangi beban akibat kanker.

Untuk itu dalam rangka HUT ke-36 RSUP Dr Sardjito dan sekaligus peringatan Hari Kanker Sedunia, RSUP Dr Sardjito menyelenggarakan serangkaian acara yang akan dilaksanakan Ahad (4/2), yakni Sardjito 5K Fun Run 2018. Acara akan dilepas oleh Dirjen Kesehatan Masyarakat Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dan jajaran Direksi RSUP Dr Sardjito. Pesertanya diperkirakan mencapai sekitar 1.500 orang .

Kegiatan Sardjito 5K Fun Run 2018 merupakan yang pertama kali dan akan diselenggarakan secara rutin setiap tahun agar masyarakat bergerak. "Harapannya dapat memotivasi masyarakat untuk menerapkan pola hidup sehat dengan rutin berolah raga sebagai salah satu upaya dalam pencegahan kanker," tuturnya.

Selama peserta mengikuti Fun Run, secara simultan di Gedung Instansi Rawat Jalan RSUP Dr Sardjito ada kegiatan streching dan Senam Zumba. Acara dilanjutnya dengan demo masak sehat dan talkshow kesehatan Kanker Payudara oleh Dirut RSUP Dr Sardjito yang juga spesialis bedah onkologi.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA