Sunday, 4 Jumadil Awwal 1439 / 21 January 2018

Sunday, 4 Jumadil Awwal 1439 / 21 January 2018

Tiga Pilar Desa Inisiasi Perbaikan Rumah Warga di Jember

Jumat 12 January 2018 07:59 WIB

Rep: Farah Noersativa/ Red: Andi Nur Aminah

Rumah warga Desa Sukojember, Kecamatan Jelbuk, Kabupaten Jember direnovasi oleh Tiga Pilar (Kepala Desa, Babinsa Bhabinkamtibmas) dan masyarakat setempat lantaran sudah tak layak dan hampir rubuh, Kamis  (11/1)

Rumah warga Desa Sukojember, Kecamatan Jelbuk, Kabupaten Jember direnovasi oleh Tiga Pilar (Kepala Desa, Babinsa Bhabinkamtibmas) dan masyarakat setempat lantaran sudah tak layak dan hampir rubuh, Kamis (11/1)

Foto: Kodim 0828 Jember

REPUBLIKA.CO.ID, JEMBER -- Sebuah rumah warga di Desa Sukojember, Kecamatan Jelbuk, Kabupaten Jember, dilakukan perbaikan oleh tiga pilar dan masyarakat desa setempat karena kondisinya tak layak dan hampir roboh. Rumah tersebut milik Faise (63) warga RT 01/RW 08 Dusun Leces di desa itu.

Danramil 0824/26 Jelbuk Kapten Inf WahyudiTriko Irianto mengatakan, perbaikan itu diinisiasi oleh tiga pilar Desa Sukojember yang terdiri atas Kepala Desa Buhariyanto, Babinsa Serda Didik HS, dan Bhabinkamtibmas Bripda Lefatra. "Dari patroli yang dilaksanakan beberapa waktu lalu, terlihat kondisi rumah Faise sangat tak layak," katanya dalam siaran pers yang diterima Republika.co.id, Kamis (11/1).

Ia menyebut, rumah yang dihuni oleh Faise yang merupakan seorang buruh tani itu, tak layak lantaran banyak kayu penyangga yang lapuk. Hal itu berpotensi rubuh sehingga membahayakan Faise berserta istrinya.

Setelah mendapat kesepakatan dari Ketua RT dan warga sekitarnya, mereka beserta warga pun turut membantu baik berupa tenaga dan juga material yang dibutuhkan. Kerja bakti perbaikan rumah itu dilaksanakan pada Kamis (11/1) mulai pukul 08.00 WIB.

Kerja bakti itu, kata dia, selain dilakukan oleh tiga pilar, juga dilakukan oleh perangkat desa dan masyarakat sekitar dengan membongkar dan mendirikan rumah Faise. "Kondisi rumahnya saat ini sudah terselesaikan 80 persen dan akan dilanjutkan Jumat, masih oleh masyarakat yang bergotong royong," ujarnya.

Ia juga mengungkapkan, pihaknya sempat menawarkan tambahan bantuan tenaga. Namun, pihak tiga pilar itu merasa cukup ditangani oleh bantuan masyarakat sekitar. "Saya sangat mendukung sekali, bahkan kalau ada program bedah rumah atau plesterisasi dan lain-lain nantinya hendaknya dapat diusulkan untuk mendapatkan program tersebut sehingga dapat lebih disempurnakan," katanya.

Sementara, Komandan Kodim 0824 Jember Letkol Inf Arif Munawa juga menyatakan dukungannya terhadap kegiatan tersebut. "Di samping membangkitkan rasa saling peduli terhadap sesama juga memelihara budaya gotong royong yang harus ditumbuh suburkan kembali dalam menangani permasalahan-permasalahan seperti itu di wilayah setempat," ujarnya.

Ia pun mengapresiasi hal itu. Dia mengimbau Babinsa, tiga pilar, dan masyarakat lainnya untuk melakukan hal kebaikan yang sama. "Saya harap yang lainnya juga turut mampu memberikan manfaat seperti yang terjadi di Desa Sukojember tersebut," katanya.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES