Sabtu , 02 December 2017, 13:32 WIB

NTB Jadikan Maulid Nabi Momentum Terbaik dalam Pengabdian

Rep: Muhammad Nursyamsyi/ Red: Winda Destiana Putri
Tahta/Republika
Peringatan Maulid Nabi SAW, ilustrasi
Peringatan Maulid Nabi SAW, ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, MATARAM -- Wakil Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) Muhammad Amin mengatakan, peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW harus menjadi momentum untuk meneladani pengabdian dan perjuangan Rasulullah SAW bagi kepentingan agama dan umat manusia.

"Pengabdian Rasulullah harus tetap hidup dan tumbuh dalam kehidupan sehari-hari kita, terutama di lingkungan kerja. Sebab, sejarah perjuangan Rasulullah tidak hanya untuk agama dan umat Islam, namun juga untuk memberikan pengabdian terbaik bagi pemerintahan dan negara," ujar Amin pada peringatan Maulid Nabi di Masjid Hubbul Wathon, Islamic Center NTB, Jumat (1/12).

Amin menyampaikan rasa syukurnya atas situasi politik, keamanan, ekonomi dan sosial keagamaan/kerukunan di NTB yang terjaga dengan baik, sehingga NTB berhasil meraih sejumlah kemajuan. "Kondisi yang baik ini mari kita rawat bersama. Kondisi itulah yang membuat NTB semakin banyak disinggahi tamu-tamu baik dari dalam maupun luar negeri guna mengadakan kegiatan di NTB. Ini menunjukkan NTB semakin maju dalam aspek pembangunan," lanjut Amin.

Kendati begitu, Amin menyadari masih banyak peluang dan tantangan pembangunan yang perlu diisi dengan baik sehingga dibutuhkan kerja keras dan kerja sama dari seluruh elemen masyarakat.

Amin juga mengajak jamaah mendoakan masyarakat yang terkena musibah erupsi Gunung Agung dan berdoa agar kondisi ini segera kembali pulih.

Ketua Umum Dewan Pengurus Pusat (DPP) Hidayatullah KH Nashirul Haq menekankan pentingnya membangun ukhuwah Islamiah, Basariah, dan Wathoniah diantara kaum muslimin dan pemeluk-pemeluk agama lainnya, dalam rangka mewujudkan masyarakat yang kuat, maju dan bermartabat, sebagaimana yang dicontohkan oleh Rasulullah pada saat berhijrah dari Mekah ke Madinah.

Selain ukhuwah Islamiah, Basariah dan Wathoniah, Nashirul menyampaikan pentingnya memiliki Ukhuwah Imaniyah. Dijelaskannya, umat akan menjadi semakin kuat, maju dan bermartabat, manakala dilandasi dengan ukhuwah imaniyah. "Manusia tidak akan cukup hanya dipersatukan dengan dasar kesamaan suku, bangsa, agama dan keturunan jika tidak dilandasi dengan iman," kata Nashirul.

Nashirul mengapresiasi sambutan dan dukungan Pemerintah Provinsi NTB terhadap penyelenggaraan kegiatan peringatan Maulid Nabi ini.