Senin , 09 October 2017, 07:03 WIB

Guru di Bandung Dituntut Melek Teknologi

Rep: Zuli Istiqomah/ Red: Nur Aini
Republika/Agung Supriyanto
Guru mengajar di kelas.  (Ilustrasi)
Guru mengajar di kelas. (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID,BANDUNG -- Sekretaris Daerah Kota Bandung Yossi Irianto mengatakan guru dituntut tidak hanya mampu mengajar dan mengelola kegiatan kelas dengan efektif tetapi juga harus bisa menggunakan teknologi.

"Jadi guru itu dituntut untuk lebih berkembang memberikan pelajaran sosial dan teknologi. Karena di era modern ini teknologi merupakan perubahan yang mau tidak mau kita gunakan," katanyapada acara Seminar Nasional Pendidikan Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Kota Bandung di Gedung Yayasan Harapan Kasih Kompleks Mekar Wangi, seperti dalam rilis yang diterima Republika.co.id, Ahad (8/10).

Yossi menuturkan untuk mewujudkan hal tersebut perlu diprioritaskan rencana kerja di antaranya mengoptimalkan pelaksanaan wajib belajar sembilan tahun, peningkatan mutu pendidikan, fasilitas sarana dan prasarana, dan pendidikan karakter.

Seiring perkembangan zaman pendidikan yang hanya berbasis hard skill yaitu menghasilkan lulusan yang hanya memiliki prestasi dalam akademis, hal tersebut harus mulai dibenahi. Pengembangan sistem pendidikan perlu keterkaitan antara komponen karakter yang mengandung nilai perilaku yang dapat dilakukan secara bertahap dan saling berhubungan antara pengetahuan dan nilai-nilai perilaku.

"Maka dari itu sebagai guru tidak hanya memberikan materi pelajaran saja, di samping itu harus memberikan pemahaman mengenai cara sosial agar ketika mereka lulus menjadi manusia yang pintar dan berjiwa sosial," tuturnya.

Menurut Yossi, di kota Bandung pun sudah berjalan yaitu Bandung Masagi, dengan memberikan pendidikan budaya, agama dan bela negara maka akan menghasilkan siswa yang pintar. "Bandung Masagi membuat pendidikan menjadi lebih baik, bukan hanya belajar ilmu pengetahuan saja, namun sosial, bela negara dan agama pun diberikan supaya murid menjadi lebih berkembang," tutur Yossi.

Dia berharap, dengan memperingati Hari Guru Nasional 2017 sebagai guru harus lebih baik cara merangkul siswa-siswinya.

"Insyaallah jika kita memberikan pendidikan yang lebih baik, maka murid pun akan lebih baik. Saya harap seluruh bimbingan yang diberikan oleh guru menjadi manfaat bagi mereka," ujarnya.