Selasa , 03 October 2017, 07:09 WIB

Kampung Wisata Kuliner Meriahkan Pekan Batik Pekalongan

Red: Hazliansyah
Suherdi Riki/Republika
Batik Pekalongan
Batik Pekalongan

REPUBLIKA.CO.ID, PEKALONGAN -- Pemerintah Kota Pekalongan, Jawa Tengah, akan menampilkan "Festival Kampung Wisata Kuliner" dalam memeriahkan kegiatan Pekan Batik Pekalongan (PBP) yang akan dilaksanakan di kawasan Wisata Budaya Jetayu, 4-8 Oktober 2017.

Sekretaris Daerah Kota Pekalongan, Sri Ruminingsih, mengatakan, kegiatan Pekan Batik Pekalongan tersebut akan diikuti peserta dari kota/kabupaten di Jateng dan provinsi di Indonesia.

"Pada Pekan Batik Pekalongan ini, nantinya akan ditampilkan beberapa kegiatan baik bertaraf nasional maupun lokal. Selain itu, kami sebagai tuan rumah akan menampilkan 'Festival Kampung Wisata Kuliner', lomba kreasi batik tulis dan cap raksasa, serta gelar seni," katanya.

Ia mengatakan sekitar 130 stan yang disediakan pemkot juga akan ikut memeriahkan pada kegiatan "Pekan Batik Pekalongan" tersebut.

"Adapun 40 dari 130 stan yang disediakan pemkot akan diisi oleh peserta dengan menampilkan stan rumah kreatif batik," katanya.

Menurut dia, pada PBP tersebut, pemkot juga akan menampilkan karnaval batik yang diikuti oleh 104 kostum serta pemberian hadiah Rp 31 juta bagi para pemenang.

"Pada kegiatan karnaval atau arak-arakan batik, kami akan mencari pemenang dari 6 kategori dengan hadiah mencapai Rp31 juta," katanya.

Ia mengatakan kegiatan PBK dengan mengambil tema "Batik Pekalongan Membingkai Silang Budaya Nusantara" ini juga akan ditampilkan demo membatik dan 'talkshow netizen", "Jetayu Drone fotografi', Buketan Batik 'Selfie Contest', serta dirangkaikan dengan 'Festival Jamu Jawa Tengah'.

"Festival Jamu Jawa Tengah ini akan diikuti oleh peserta dari 35 pemkab/kota di Jateng," kata Sri Ruminingsih

Sumber : Antara