Kamis , 28 September 2017, 18:51 WIB

Gempar Segera Salurkan Bantuan Dana untuk Rohingya

Red: Hazliansyah
Stringer/EPA
Pengungsi Rohingya di kamp pengungsi Rohingya di Ukhiya
Pengungsi Rohingya di kamp pengungsi Rohingya di Ukhiya

REPUBLIKA.CO.ID, MEULABOH, ACEH -- Gerakan masyarakat pemuda Aceh peduli Rohingya (Gempar) Kabupaten Aceh Barat, Provinsi Aceh, segera melakukan penyaluran bantuan untuk muslim Rohingya setelah sebelumnya melakukan pengumpulan dana.

Koordinator Gempar, Nasdalamun di Meulaboh, Kamis mengatakan, aksi kemanusiaan telah mereka lakukan selama 15 hari penuh, terhitung sejak tanggal 13 hingga 27 September 2017, dengan dana terkumpul berjumlah Rp 30 juta lebih.

"Selain uang tunai Rp 30 juta lebih, juga ada pakaian baru dan pakaian bekas yang akan kami salurkan. Rencanannya disalurkan lewat organisasi Aksi Cepat Tangap Provinsi Aceh yang akan turun menjemput ke mari," sebutnya.

Perkumpulan organisasi mahasiswa dan masyarakat serta LSM di Kabupaten Aceh Barat itu, selama ini bertahan di bawah tenda yang mereka dirikan di pingir jalan lintas Meulaboh-Banda Aceh, tepatnya di depan Masjid Agung Baitul Makmur Meulaboh.

Meskipun sudah tidak lagi turun ke jalan-jalan dan mendatangi rumah ke rumah, namun Gempar masih menerima sumbangan masyarakat. Tidak mesti di posko induk, sebab ada alamat pengurus yang bisa didatangi, walau mereka pun siap untuk menjemput.

Nasdalamun menuturkan, bantuan kemanusiaan yang mereka kirimkan lewat Pemerintah Indonesia tersebut untuk meringankan beban tragedi kemanusiaan Muslim Rohingya di Provinsi Rakhine, Myanmar Utara, tempat tinggal pengungsi Rohingya saat ini.

"Kami masih menerima hingga Minggu (1/10) malam, sebab esoknya Senin akan dserahkan kepada ACT di halaman Masjid Agung. Jumlahnya memang tidak begitu besar, tapi kepedulian kita terhadap mereka itu yang perlu ditunjukkan," imbuhnya.


Sumber : Antara