Kamis , 19 Januari 2017, 16:37 WIB

454 Personel Brimob Polda Sumut Bantu Pengamanan Pilkada di Aceh

Rep: Issha Harruma/ Red: Israr Itah
Republika/Darmawan
Pasukan Brimob (ilustrasi)
Pasukan Brimob (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, MEDAN -- Sebanyak 254 personel Satuan Brimob Polda Sumut kembali diberangkatkan ke Aceh. Mereka akan membantu pengamanan pemilihan kepala daerah (pilkada) yang akan digelar pada Februari 2017 di provinsi itu.

Pelepasan personel Brimob ini secara simbolis dilakukan oleh Wakapolda Sumut Brigjen Adhi Prawoto di lapangan KS Tubun, Mapolda Sumut, Kamis (19/1). Kabid Humas Polda Sumut Kombes Rina Sari Ginting mengatakan, 254 personel Brimob yang diberangkatkan hari ini akan bergabung dengan rekannya yang sudah lebih dulu berada di Aceh. 

Menurut Rina, sebelumnya, 200 personel Brimob Polda Sumut telah diberangkatkan untuk membantu operasi kemanusiaan pascagempa di Pidie Jaya, Aceh.

 "Jadi, total pasukan Brimob Polda Sumut yang diberdayakan untuk mendukung pengamanan Pilkada serentak di Aceh sebanyak 454 orang," kata Rina, Kamis (19/1).

Rina mengatakan, keberadaan ratusan personel Brimob Polda Sumut tersebut untuk membantu menjamin pelaksanaan pilkada di Aceh berjalan aman dan kondusif. Belum diketahui sampai kapan para personel tersebut akan berada di provinsi paling Barat Indonesia itu.

"Pencabutan pasukan sampai ada perintah untuk kembali ke kesatuan masing-masing," ujar dia.

Provinsi Aceh akan menggelar pilkada serentak pada 15 Februari 2017. Selain pemilihan gubernur, 20 dari 23 kabupaten/kota di provinsi itu juga akan melaksanakan pemilihan kepala daerah pada hari yang sama.