Sabtu , 29 October 2016, 22:22 WIB

Tiga Faktor Penentu Tumbuh Kembang Anak

Red: Yudha Manggala P Putra
Prayogi/Republika
Memiliki anak dengan rentang usia tidak jauh memberi tantangan tersendiri terutama pada tahun awal pertumbuhan anak.
Memiliki anak dengan rentang usia tidak jauh memberi tantangan tersendiri terutama pada tahun awal pertumbuhan anak.

REPUBLIKA.CO.ID, MAKASSAR -- Pakar Psikologi dan pemerhati anak Ratih Ibrahim mengatakan, ada tiga faktor penentu tumbuh kembang seorang anak yang wajib diketahui orang tua.

"Ketiga faktor itu adalah cinta kasih bunda dan ayah, mendapatkan nutrisi yang baik dan tepat, serta simulasi," kata Ratih, pada kegiatan eksplorasi dunia yang digelar di Makassar, Sabtu (29/10).

Dia mengingatkan, para orang tua khususnya ibu hendaknya memperhatikan ketiga hal itu, karena peran ibu seyogianya dekat dengan anak.

Menurut dia, seorang ibu baik bekerja di dalam rumah maupun luar rumah tetap harus memperhatikan tumbuh-kembang anaknya. Pemberian gizi seimbang misalnya, dapat dikreasikan sendiri sesuai dengan kondisi ekonomi rumah tangga bersangkutan.

Hal itu dibenarkan pakar gizi Sari Sindabulan yang mengatakan, makanan bergizi tidak berarti harus mahal dan "wah". Tetapi dapat diolah sesuai dengan kemampuan ekonomi keluarga.

Konsumsi sumber makanan yang menyandung protein tinggi, seperti ikan salmon, daging sapi, dan ayam, menurutnya, sebenarnya dapat digantikan dengan protein yang berasal dari hewan yakni telur. "Kandungan gizi telur cukup tinggi dan juga dari segi harga cocok di kantong," katanya lagi.

Pada kegiatan "Jelajah Dunia" ditampilkan empat wahana yakni Indonesia, Jepang, Brazil, dan Netherlands (Belanda).
Masing-masing wahana memberikan suguhan yang menarik bagi anak-anak dalam menguji psikomotoriknya. Kegiatan ini berlangsung 29-30 Oktober 2016 di salah satu mal ternama di Makassar.

Sumber : Antara