Rabu , 15 April 2015, 20:25 WIB

Mendes Minta ITB Dukung Pembangunan Desa

Red: Yudha Manggala P Putra
Ist
Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi, Marwan Jafar.
Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi, Marwan Jafar.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes), Marwan Jafar, meminta agar Institut Teknologi Bandung (ITB) mendukung pemberdayaan desa dengan penerapan teknologi tepat guna. Marwan yakin dengan adanya peran aktif dari perguruan tinggi, desa bisa dikembangkan lebih baik lagi.

“ITB ini menjadi titik tolak awal dalam membangun pemahaman bersama bahwa perguruan tinggi dan pemerintah perlu bekerjasama untuk membangun desa," ujar Marwan, di Bandung, Rabu (15/4).

Politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) tersebut juga berjanji akan mengunjungi beberapa desa yang telah dibina ITB. Menurutnya, Jika ITB memiliki pemikiran, gagasan atau hasil penelitian untuk membuat kebijakan yang strategis, akan sangat baik sekali.

“Saya bangga ITB menjadi kebanggaan Indonesia dan saya bangga ITB  bisa menjadi kampus yang mempunyai daya saing,” ujarnya.

Penerapan teknologi tepat guna, lanjut Marwan,  bisa dikembangkan dengan berbagai macam model. Misalnya yang berkaitan dengan badan usaha milik desa (BUMDESA), sebagai salah satu program Kementerian Desa. Selain itu juga bisa dikembangkan inovasi tepat guna untuk meningkatkan produktifitas desa.

Sumber : Antara