Kamis , 09 April 2015, 09:19 WIB

Merasa Sesama 'Viking', Denmark Ajak Warga Bandung Gemar Bersepeda

Rep: c 01/ Red: Indah Wulandari
antara
Dubes Kerajaan Denmark untuk Indonesia Casper Klynge
Dubes Kerajaan Denmark untuk Indonesia Casper Klynge

REPUBLIKA.CO.ID,BANDUNG -- Negara Denmark bersepakat dengan Pemkot Bandung untuk mempromosikann gaya hidup sehat dengan bersepeda melalui gerakan Viking Biking.

"Kami (Kedubes Denmark) memiliki gerakan bernama Viking Biking Indonesia di mana kami mempromosikan gaya hidup bersepeda," ujar Duta Besar Denmark untuk Indonesia Casper Klynge saat ditemui di Balai Kota Bandung, Rabu (8/4).

Gerakan Viking Biking, katanya,  bertujuan untuk mempromosikan pada warga Bandung agar melakukan kegiatan bersepeda di area terbuka Kota Bandung.

Wali Kota Bandung Ridwan Kamil pun setuju untuk melaksanakan Viking Biking di Bandung. Dalam Viking Biking Bandung ini, Kedubes Denmark berencana untuk bersepeda bersama dengan Ridwan.

"Saya juga tahu kalian memiliki penggemar sepak bola yang dinamakan Viking (pendukung Klub Persib)," canda Klynge.

Gerakan Viking Biking Bandung ini diperkirakan dilaksanakan pada Mei atau Juni. Ia menyatakan, pihaknya akan menunggu keputusan Ridwan Kamil mengenai waktu yang tepat untuk melaksanakan gerakan Viking Biking Bandung.

Kota Bandung menjadi kota kedua setelah Jakarta yang akan melaksanakan gerakan bersepeda ini. Selanjutnya, Kedubes Denmark juga berencana mempromosikan gerakan bersepeda ini ke beberapa kota lain di Indonesia, di antaranya Surabaya, Makassar, dan Medan.

Selain itu, melalui gerakan bersepeda ini, Kedubes Denmark ingin membantu Kota Bandung untuk menciptakan lingkungan yang lebih bersih lagi, lebih hijau dan lebih sedikit polusi.

Klynge juga bercerita bahwa di negara asalnya, Denmark, setengah populasi penduduknya memilih untuk menggunakan sepeda daripada mobil sebagai alat transportasi.

Ia yakin, jika banyak masyarakat di kota besar seperti Jakarta dan Bandung terdorong untuk menggunakan sepeda sehari-hari, maka kota-kota tersebut akan menjadi tempat yang nyaman.