Sunday, 29 Safar 1436 / 21 December 2014
find us on : 
  Login |  Register

Bahan Baku Semen Melimpah, India Minat Investasi di Lebak

Sunday, 10 November 2013, 14:47 WIB
Komentar : 0
Reuters/Leonhard Foeger
Investasi (ilustrasi)
Investasi (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, LEBAK -- Perusahaan India berminat investasi pabrik semen di Kabupaten Lebak, Provinsi Banten, guna mendukung proyek Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia.

"Kita ingin berinvestasi pabrik semen di Lebak karena bahan baku dasar pembuatan semen melimpah," kata Direktur PT Bhakta Insusindo Kumar saat meninjau lokasi di Kecamatan Bojongmanik, Kabupaten Lebak, Minggu.

Menurut dia, perusahaan India tersebut ingin mengembangkan investasi pabrik semen karena kebutuhan pasar nasional masih kurang.

Apalagi, adanya proyek Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI).

Karena itu, pihaknya berminat berinvestasi pabrik semen berlokasi di Kecamatan Bojongmanik, Kabupaten Lebak.

"Saya yakin jika pabrik semen berdiri dipastikan bisa memenuhi kebutuhan pasar nasional," katanya.

Ia mengatakan, pihaknya meninjau lokasi beberapa desa di Kecamatan Bojongmanik karena terdapat bahan baku semen, seperti batu gamping, tanah liat dan batu kapur.

Setelah meninjau lokasi itu, kata Kumar, nanti hasilnya akan dianalis oleh perusahaan.

"Kami berencana membuka pabrik semen ini akan menggandeng perusahaan Inggris," katanya.

Di tempat terpisah, Kepala Bidang Penanaman Modal Badan Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu (BMP2T) Kabupaten Lebak Agianto Ahmad Tahir mengatakan, selama ini banyak perusahaan asing yang berminat membuka pabrik semen di Lebak.

Sebab potensi bahan baku semen di Kabupaten Lebak tersebar di Kecamatan Bayah, Cilograng, Panggarangan, Bojongmanik dan Muncang.

Bahkan, belum lama ini Menteri Perekonomian Hatta Rajasa menghadiri 'launching' pabrik semen PT Cemendo Gemilang yang memproduksi semen Merah Putih di Kecamatan Bayah.

"Kami berharap perusahaan India bisa berinvestasi di Lebak sehingga dapat menyerap lapangan pekerjaan bagi masyarakat," katanya.

Ia menyatakan, pemerintah daerah memberikan jaminan keamanan sejalan dengan misi dan visi Kabupaten Lebak menjadikan daerah ini kondusif untuk berinvestasi.

Selain itu juga proses perizinan bagi investor asing maupun domistik diberikan kemudahan dan tidak bertele-tele sepanjang terpenuhi persyaratan.

"Kami terus mendorong bahwa Lebak dijadikan daerah investasi dengan melakukan promosi-promosi untuk menarik investor," katanya.

Redaktur : Julkifli Marbun
Sumber : Antara
Janganlah kalian membenci ayah-ayah kalian. Barang siapa yang membenci ayahnya berarti ia kafir.(HR Muslim)
FOTO TERKAIT:
VIDEO TERKAIT:
  Isi Komentar Anda
Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi republika.co.id. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Republika.co.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.
avatar
Login sebagai:
Komentar

  VIDEO TERBARU
Upaya Pembunuhan Kim Jong Un, Film Ini Batal Putar
WASHINGTON DC -- Sony Pictures diperkirakan rugi sekitar 100 juta dolar karena batalnya pemutaran film "The Interview" akibat ancaman serangan ke bioskop-bioskop yang...

Berita Lainnya

Demi Tutup Lokalisasi, Ibu Walikota Siap Mati

Salamun Dolly Foundation: Surabaya Bebas Lokalisasi