Jumat, 26 April 2013, 17:57 WIB

Sebagian Korban Banjir Sampang Terserang Diare

Red: Yudha Manggala P Putra
antara
Banjir (ilustrasi)
Banjir (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, SAMPANG -- Sebagian korban banjir di Kota Sampang, Jawa Timur, kini mulai terserang diare dan beberapa di antaranya dilaporkan terserang gatal-gatal.

"Kami sudah memerintah tim medis untuk melakukan penelitian lapangan dan memberikan pengobatan kepada mereka," kata Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Sampang, Firman Pria Abadi di Sampang, Jumat (26/4) sore.

Ia menjelaskan, penyakit diare dan gatal-gatal memang merupakan dampak yang bisa ditimbulkan bagi para korban banjir. Hal itu terjadi, karena air yang digunakan warga untuk kebutuhan sehari-hari kurang bersih, yakni bercampur lumpur.

Sehingga, mereka rentan terserang penyakit kulit seperti gatal-gatal dan penyakit perut seperti diare dan muntaber.

Firman menjelaskan, sampai saat ini, pihak Dinkes Sampang terus memantai kondisi kesehatan masyarakat terdampak banjir di delapan desa dan enam kelurahan di Kecamatan Kota Sampang.

Menurut dia, hal itu dilakukan, karena banjir sewaktu-waktu tetap terjadi. Bahkan dalam dua minggu terakhir ini, banjir di kota Sampang sudah tiga kali terjadi. "Pantauan yang kami lakukan tentunya merupakan pemantauan passif yakni menunggu laporan dari masyarakat," ucapnya, menjelaskan.

Namun, kata dia, setiap laporan yang masuk, pasti akan ditindak lanjuti oleh petugas lapangan.



Sumber : Antara