Minggu, 20 Jumadil Akhir 1435 / 20 April 2014
find us on : 
  Login |  Register

Pekanbaru Dilanda Hujan Petir

Jumat, 19 April 2013, 14:50 WIB
Komentar : 2
Reuters/Jorge Cabrera
Petir
Petir

REPUBLIKA.CO.ID, PEKANBARU --  Ibu Kota Provinsi Riau, Pekanbaru, Jumat siang dilanda hujan deras disertai gemuruh petir sehingga menimbulkan kekhawatiran bagi sejumlah warga di sana.

"Khawatir karena hujannya bukan sekedar hujan, tapi juga disertai petir yang bunyinya membuat takut," kata Andika, warga Pekanbaru.

Banyak warga yang merasa khawatir dengan hujan disertai petir kali ini mengingat sebelumnya hujan dengan kondisi yang sama telah merenggut sebanyak tiga korban jiwa.

Hujan deras yang juga disertai petir yang begitu dahsyat sebelumnya terjadi di Pekanbaru pada akhir Februari 2013. Peristiwa itu mengakibatkan dua orang tewas dan tiga lainnya mengalami luka bakar akibat disambar petir.

Kali ini, hujan cukup deras disertai petir melanda sebagian Kota Pekanbaru sejak pukul 13.45 dan hingga pukul 14.00 WIB hujan masih terus berlangsung.

Hujan terjadi setelah sebagian besar Riau khususnya Pekanbaru sejak satu pekan terakhir sempat dilanda cuaca panas ekstrem.

Pihak Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Pekanbaru sebelumnya telah memprediksi Ibu Kota Provinsi Riau ini bakal dilanda hujan ringan.

Analis lembaga pemantau cuaca itu, Yudhistira Mawaddah mengatakan, dari hasil monitoring citra satelit awan, analisa streamline dan kondisi serta dinamis udara, pada umumnya cuaca untuk wilayah Riau hari ini hingga beberapa hari ke depan cerah hingga berawan.

Peluang hujan dengan intensitas ringan menurut dia hanya bersifat lokal berpotensi terjadi di wilayah Riau bagian tengah, pesisir timur dan selatan. Seperti Kabupaten Kampar, Pelalawan, Meranti, Bengkalis, Indragiri Hulu, dan Indragiri Hilir, termasuk Kota Pekanbaru.

"Hujan disertai petir ini terjadi mengingat sebelumnya sempat terjadi gangguan berupa pembentukan daerah tekanan rendah di sejumlah wilayah. Namun gangguan tersebut mulai hilang sehingga terjadi pola angin yang tidak teratur hingga menyebabkan benturan yang mengakibatkan petir," katanya.

Redaktur : Heri Ruslan
Sumber : Antara
Tiadakah kamu mengetahui bahwa kerajaan langit dan bumi adalah kepunyaan Allah? Dan tiada bagimu selain Allah seorang pelindung maupun seorang penolong. ((QS. Al-Baqarah [2]:107))
  Isi Komentar Anda
Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi republika.co.id. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Republika.co.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.
avatar
Login sebagai:
Komentar

  VIDEO TERBARU
Konsep SPBU ini Jadi Tren di AS
WASHINGTON -- Bayangkan, mengisi bensin sekaligus menikmati hidangan lezat yang dimasak langsung? Konsep yang sedang tren di Amerika ini memungkinkan warga memaksimalkan waktu...

Berita Lainnya

Sibuk Daftar Caleg, Anggota DPRD Bali Mulai Malas Hadiri Sidang