Thursday, 29 Zulhijjah 1435 / 23 October 2014
find us on : 
  Login |  Register

Lampung Selatan Masih Berstatus KLB Demam Berdarah

Tuesday, 08 January 2013, 23:33 WIB
Komentar : 2
Republika
Pasien demam berdarah, ilustrasi
Pasien demam berdarah, ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, KALIANDA, LAMPUNG -- Pasien pengidap demam berdarah dengue (DBD) terus bertambah. Bahkan jumlah pasien telah melebihi kapasitas ruang perawatan di Rumah Sakit Umum Bob Bazar Kota Kalianda, Lampung Selatan.

"Sampai hari ini jumlah pasien mencapai 54 orang yang dan semuanya anak-anak di bawah usia 12 tahun," kata Kepala Bidang Perawatan rumah sakit itu, Suherman di Kalianda, Selasa.

Ia menjelaskan, sebagian besar pasien anak itu berasal dari sejumlah desa di Kecamatan Sripendowo Lampung Selatan yang merupakan daerah berstatus Kejadian Luar Biasa (KLB). Di daerah itu sudah sebanyak tujuh orang tewas dalam kurun waktu sepekan lebih belakangan ini.

Sementara itu, Kasie Pemberantasan Penyakit Menular Dinas Kesehatan Kabupaten Lampung Selatan, Kristi Endrawati, mengatakan, kasus penyebaran DBD di wilayah Kecamatan Ketapang masih ditetapkan sebagai kasus luar biasa (KLB) dengan jumlah 44 kasus.

"Dari hasil uji laboratorium 17 diantara positif terserang demam berdarah," kata dia.

Masa inkubasi penyakit didaerah itu diperkirakan hingga 14 Januari 2013 dan pihaknya akan terus melakukan pengawasan dan juga pengasapan massal.

Ia menambahkan, selain Kecamatan Ketapang, serangan DBD juga terus meluar sampai Kecamatan Tanjungbintang karena pihaknya menemukan 10 kasus positif serangan demam berdarah di wilayah itu.

Sesungguhnya Kami telah mengutus (Muhammad) dengan kebenaran; sebagai pembawa berita gembira dan pemberi peringatan, dan kamu tidak akan diminta (pertanggungjawaban) tentang penghuni-penghuni neraka. ((QS.Al-Baqarah [2]:119))
  Isi Komentar Anda
Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi republika.co.id. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Republika.co.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.
avatar
Login sebagai:
Komentar

  VIDEO TERBARU
Zulkifli Hasan: Halal Itu Budaya Indonesia
JAKARTA -- Predikat negara dengan penduduk mayoritas Islam terbesar di dunia, membuat produk halal menjadi sesuatu yang penting di Indonesia. Bahkan Ketua MPR...